Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Bagaimana Cara Kerja Vacuum Cleaner ?

vaccum cleaner
vacuum cleaner
Membersihkan rumah merupakan kegiatan yang perlu diperhatikan, khususnya untuk membersihkan debu atau kotoran halus yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sapuembersihkan debu atau kotoran secara efisien. 

Penyedot debu atau dikenal dengan vacuum cleaner adalah alat yang digunakan untuk menghisap atau menghilangkan kotoran yang terdapat pada lantai, karpet, gorden, dan permukaan lainnya. Kotoran atau debu yang terhisap oleh vacuum cleaner dikumpulkan pada wadah penyimpan debu untuk kemudian dibuang ketika sudah penuh.

Komponen Vacuum Cleaner

Komponen vaccum cleaner
Komponen vacuum cleaner
Secara umum vacuum cleaner konvensional terdiri dari beberapa komponen utama yaitu :

1. Intake port

Intake port adalah komponen pada vacuum cleaner yang berfungsi untuk menghisap debu atau sebagai saluran masuk debu.

2. Exhaust port

Exhaust port berfungsi sebagai saluran keluar udara hasil hisapan debu yang sebelumnya sudah disaring pada filter.

3. Motor listrik

Motor listrik berfungsi sebagai penggerak utama pada vacuum cleaner untuk menggerakan fan.

4. Kipas (fan)

Kipas berfungsi untuk menghasilkan udara vacuum atau hisapan yang digunakan untuk menyedot debu atau kotoran melalui intake port.

5. Filter

Filter berfungsi untuk menyaring atau memisahkan antara debu dan udara sebelum udara dikeluarkan melalui exhaust port.

6. Wadah penyimpan debu/kotoran

Wadah penyimpan befungsi untuk menyimpan debu atau kotoran yang tersaring pada filter.



Prinsip Kerja Vacuum Cleaner

Secara sederhana prinsip kerja vacuum cleaner yaitu dengan proses hisap dan buang dengan sejumlah prinsip fisika untuk membersihkan kotoran secara efektif. Dimana fan akan menghasilkan udara vakum untuk menghisap debu melalui saluran masuk kemudian disaring dan debu yang tersaring terkumpul dalam wadah.

Secara teknis cara kerja mesin penyedot debu atau vacuum cleaner dijelaskan sebagai berikut :

1. Arus listrik akan menghidupkan motor listrik.

2. Motor listrik terhubung dengan kipas dengan bilah miring seperti baling-baling pada pesawat terbang dan kipas akan berputar.

3. Pada saat baling-baling kipas berputar, akan menghasilkan udara bertekanan menuju port pembuangan. Ketika partikel udara didorong ke depan, kepadatan partikel dan tekanan udara meningkat di depan kipas dan menurun di belakang kipas. Penurunan tekanan udara pada bagian belakang kipas akan menyebabkan objek atau debu yang berada pada bagian belakang kipas akan terhisap karena perbedaan tekanan udara (vakum parsial) di dalam penyedot debu.

4. Partikel udara yang terhisap dan bercampur dengan debu akan disalurkan melalui bagian dalam vacuum cleaner menuju penyaring udara atau filter sebelum menuju saluran keluar.

5. Partikel debu akan tersaring pada filter dan dikumpulkan pada wadah penampung debu, sedangkan udara dapat melalui penyaring untuk selanjutnya menuju saluran keluar.





referensi :
https://home.howstuffworks.com/

Post a Comment for "Bagaimana Cara Kerja Vacuum Cleaner ?"