Jenis vacuum Cleaner dan Fungsinya

Penyedot debu atau vacuum cleaner merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan untuk membersihkan rumah dari kotoran atau debu dengan cepat dan efisien. Saat ini cukup banyak jenis vacuum cleaner dengan ukuran dan bentuk serta harga yang bervariasi sesuai kebutuhan dan penggunaan vacuum cleaner itu sendiri.

Secara umum terdapat lima jenis penyedot debu atau vacuum cleaner yang banyak digunakan, masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi yang sedikit berbeda dan beberapa fitur tambahan, meskipun terdapat jenis vacuum cleaner yang menggabungkan beberapa bentuk atau jenis vacuum cleaner yang lain.

Bagi kalian yang berniat untuk membeli vacuum cleaner perlunya mengetahui jenis dan fungsi dari beberapa jenis vacuum cleaner beserta fitur yang dimiliki oleh vacuum cleaner tersebut. Tujuannya agar kalian dapat memilih jenis vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya.


1. Handheld Vacuum Cleaner (Vacuum cleaner genggam)

Handheld Vacuum Cleaner
Handheld Vacuum Cleaner
Handheld Vacuums (Vacuum cleaner genggam) sangat cocok untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, Karena bentuknya yang ramping dan dirancang agar mudah digunakan, genggaman yang ringan dan fleksibilitas tinggi (portabel). Pada beberapa jenis vacuum cleaner Handheld terdapat model dengan dan tanpa kabel dan dengan atau tanpa sikat berputar.

Handheld Vacuum cleaner sangat memudahkan untuk menyedot kotoran dan debu pada tempat yang sempit dan sulit dijangkau misalnya seperti tirai, jok mobil atau celah sempit. Tetapi Vacuum cleaner jenis ini tidak dapat berfungsi dengan baik untuk membersihkan permukaan yang luas seperti lantai, karena bentuk ujung penyedot debu yang kecil sehingga membutuhkan waktu lebih lama jika digunakan untuk membersihkan lantai.

Handheld Vacuum Cleaner dapat membersihkan remah-remah kecil dan kotoran di atas meja, interior mobil, sudut yang sempit, dan masih banyak lagi.



2. Upright Vacuum Cleaner (Vacuum Cleaner Tegak)

Upright Vacuum Cleaner
Upright Vacuum Cleaner
Dengan daya hisap yang kuat, desain tilt-and push, dan pilihan kantong atau bagless yang besar, pembersih debu Upright Vacuum Cleaner ini dapat membersihkan lantai dengan mudah.

Sebagian besar model pada Upright Vacuum Cleaner ini menyediakan pengaturan yang memungkinkan penyedot debu dapat digunakan pada permukaan karpet dan juga lantai.


3. Stick Vacuum Cleaner

Stick Vacuum Cleaner
Stick Vacuum Cleaner
Stick Vacuum Cleaner memiliki bentuk yang ramping dan ringan serta menggunakan sikat berputar (rotating brush). Ujung Kepala Vacuum Cleaner dapat dengan mudah bermanuver di sekitar furnitur dan tempat sempit. Selain itu dapat digunakan untuk membersihkan lantai  dan karpet. Vacuum Cleaner jenis ini memiliki pegangan seperti tongkat memanjang dan bentuk yang ramping. karena bentuknya yang ramping vacuum cleaner stick dapat dengan mudah disimpan atau diletakan pada pojokan dan celah-celah ruangan.


4. Canister Vacuum Cleaner

Canister Vacuum Cleaner
Canister Vacuum Cleaner
Vacuum cleaner Canister adalah kombinasi antara jenis vacuum cleaner upright dan stick. Vacuum cleaner Canister terdiri dari sebuah tabung terpisah dan tongkat pengisap yang dihubungkan dengan hose panjang yang fleksibel. 

Daya hisap Vacuum cleaner Canister cukup kuat seperti jenis upright dan memiliki batang penghisap yang ramping dan fleksibel seperti jenis stick. 

Vacuum cleaner Canister merupakan jenis yang multi fungsi selain daya hisap yang kuat, vacuum cleaner jenis ini juga sangat fleksibel sehingga mampu digunakan untuk membersihkan lantai, karpet, gorden, dan celah sempit.


5. Autonomous/Robot Vacuum Cleaner

Robot Vacuum Cleaner
Robot Vacuum Cleaner
Vaccum cleaner robot cukup diminati dalam beberapa tahun terakhir, karena vaccum cleaner jenis ini memiliki teknologi yang mutakhir dan dapat secara otomatis membersihkan dan menyedot debu dengan menggunakan kendali berupa remot atau diprogram secara khusus secara otomatis. 

Vaccum cleaner robot tentu sangat menghemat waktu dan tenaga, namun harga yang dipatok untuk vacuum cleaner jenis ini sangat mahal.






Referensi
[1]. https://learn.allergyandair.com/
[2]. https://www.goodhousekeeping.com/

0 Response to "Jenis vacuum Cleaner dan Fungsinya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel