Perbedaan Energi Alternatif dan Energi Terbarukan

Perbedaan energi alternatif dan energi terbarukan
Perbedaan energi alternatif dan energi terbarukan
Seringkali kita mendengar istilah energi terbarukan dan energi altrnatif, tetapi apakah perbedaannya ? Meskipun energi alternatif dan energi terbarukan merupakan sumber energi yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon, namun terdapat perbedaan signifikan antara keduanya.

Lantas apakah perbedaaan antara energi terbarukan dan energi altrnatif ?, berikut ini merupakan perbedaan utama antara kedua istilah yang sering keliru dan salah tafsir tersebut.

Energi Terbarukan

Energi terbarukan berasal dari sumber yang terjadi secara alami dan dapat diisi ulang diperbaharui secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh energi terbarukan yaitu energi matahari, biomassa, energi panas bumi, energi angin, dan sumber daya air.

Sumber daya energi terbarukan yang paling berlimpah adalah energi matahari. Matahari selalu bersinar pada beberapa titik di Bumi, sehingga menjadikannya sumber energi terbarukan yang paling melimpah untuk dimanfaatkan. Selain itu tenaga surya juga memiliki dampak yang rendah pada atmosfer, satwa dan lingkungan.

Energi Alternatif

Energi alternatif adalah sumber energi yang bertujuan mengurangi ketergantungan konsumsi bahan bakar konvensional seperti fosil dan batu bara. 

Energi alternatif mencakup beberapa sumber daya seperti kogenerasi gas alam, sel bahan bakar atau pemanfaatan limbah yang tidak tergantikan secara alamai tetapi menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah.


Berdasarkan penjelasan diatas diketahui bahwa perbedaan antara energi terbarukan dengan energi alternatif yaitu, energi terbarukan merupakan sumber-sumber energi yang dapat diperbarui dan tergantikan secara alami, selain itu jumlahnya yang tidak terbatas. Sedangkan energi alternatif yaitu usaha pemanfaatan sumber energi yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan sumber energi konvensional.





Referensi :
https://www.solup.com/

0 Response to "Perbedaan Energi Alternatif dan Energi Terbarukan"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel