Jenis Hose Hidrolik dan Fungsinya

Jenis Hose Hidrolik dan Fungsinya
Jenis Hose Hidrolik dan Fungsinya

Dalam rangkaian sistem hidrolik terdapat beberapa komponen utama seperti pompa, valve, coupling, dan hose. Hose merupakan komponen hidrolik yang berfungsi untuk menyalurkan atau mentransfer fluida dari satu komponen ke komponen hidrolik lainnya.

Aplikasi dan penerapan hose pada sistem hidrolik banyak digunakan pada beberapa sistem yang kompleks seperti tekanan, jenis fluida, dan temperatur kerja yang bervariasi. Oleh karena itu perlunya pemilihan jenis hose yang tepat dan sesuai dengan kondisi kerja tersebut.

Berikut ini merupakan jenis-jenis hose yang terdapat pada sistem hidrolik berdasarkan standar SAE (Society of Automotive Engineer).


1. Hose SAE 100R1

Hose SAE 100R1 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air, dengan temperatur kerja hose ini berada pada kisaran suhu -40°C hingga 100°C.

a). Hose SAE 100R1 Tipe A

Hose SAE 100R1 Tipe A terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak, tulangan anyaman berupa kawat tunggal, dan penutup karet sintetis yang tahan minyak dan kondisi lingkungan sekitar.

b). Hose SAE 100R1 Tipe AT

Hose SAE 100R1 Tipe AT memiliki Konstruksi yang serupa dengan Hose SAE 100R1 Tipe A, namun memiliki penutup (cover) yang dirancang untuk menghubungkan dengan fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose tersebut.


2. Hose SAE 100R2

Hose SAE 100R2 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air, dengan temperatur kerja hose ini berada pada kisaran suhu -40°C hingga 100°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam (inner tube) yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dan cover berupa karet sintetis yang tahan minyak dan cuaca. Tulangan kawat baja menyesuaikan dengan jenis hose, seperti beberapa tipe di bawah ini.

a). Hose SAE 100R2 Tipe A

Hose SAE 100R2 Tipe A Tipe memiliki dua kepang kawat penguat.

b). Hose SAE 100R2 Tipe B

Hose SAE 100R2 Tipe B memiliki satu kepang kawat penguat dan dua lapisan spiral.

c). Hose SAE 100R2 Tipe AT

Hose SAE 100R2 Tipe AT hampir serupa dengan Hose SAE 100R2 Tipe A, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.

d). Hose SAE 100R2 Tipe BT

Hose SAE 100R2 Tipe BT hampir serupa dengan Hose SAE 100R2 Tipe B, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.


3. Hose SAE 100R3

Hose SAE 100R3 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air, dengan temperatur kerja hose ini berada pada kisaran suhu -40°C hingga 100°C. Konstruksi tabung dalam hose ini terbuat dari karet sintetis tahan minyak, memiliki dua kepang benang dan cover berupa karet sintetis tahan minyak dan lingkungan.


4. Hose 100R4

Hose 100R4 digunakan pada aplikasi bertekanan rendah dan vakum, dengan cairan hidrolik berbasis minyak dan air dalam kisaran suhu kerja pada -40° hingga 100°C. Tabung dalam hose ini terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan sebuah penguat yang terdiri dari lapisan serat tekstil yang dianyam atau dikepang spiral dengan cover berupa karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan kondisi lingkungan.


5. Hose SAE 100R5

Hose SAE 100R5 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak dan air, dengan kisaran temperatur kerja -40° hingga 100°C. Tabung dalam terbuat dari karet sintetis tahan minyak yang diperkuat dengan dua kepang serat tekstil yang dipisahkan oleh kawat baja berkekuatan tinggi yang dikepang. Semua kepang dipadukan dengan senyawa berupa karet sintetis tahan minyak dan jamur.


6. Hose SAE 100R6

Hose SAE 100R6 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerj -40° hingga 100°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan satu lapisan anyaman serat tekstil yang sesuai, dan memiliki cover karet sintetis tahan minyak dan lingkungan.


7. Hose SAE 100R7

Hose SAE 100R7 merupakan hose termoplastik yang digunakan untuk cairan hidrolik berbahan dasar sintetis, minyak, dan air, dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 93°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam termoplastik yang tahan terhadap cairan hidrolik yang diperkuat dengan serat sintetis. Hose ini memiliki Cover termoplastik yang tahan terhadap fluida dan lingkungan.


8. Hose SAE 100R8

Hose SAE 100R8 merupakan hose termoplastik tekanan tinggi yang digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi dan air sintetis dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 93°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari bahan termoplastik yang tahan terhadap cairan hidrolik dan diperkuat dengan serat sintetis dengan cover terbuat dari bahan termoplastik yang tahan terhadap fluida dan lingkungan.


9. Hose SAE 100R9

Hose SAE 100R9 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C. Terdapat beberapa jenis Hose SAE 100R9 yaitu :

a). Hose SAE 100R9 Tipe A

Hose SAE 100R9 Tipe A terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan empat lapisan kawat spiral yang dibungkus dengan arah bergantian dan cover yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dan lingkungan.

b). Hose SAE 100R9 Tipe AT

Hose SAE 100R9 Tipe AT memiliki konstruksi yang serupa dengan Tipe A, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.


10. Hose SAE 100R10

Hose SAE 100R10 digunakan untuk cairan hidroulik berbasis minyak dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C.

a). Hose SAE 100R10 Tipe A

Tipe ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak, dengan empat lapisan spiral yang terbuat dari dari kawat berat (heavy wire) yang dibungkus dengan arah yang bergantian, Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.

b). Hose SAE 100R10 Tipe AT

Tipe ini memiliki konstruksi yang serupa dengan Hose SAE 100R10 Tipe A, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.


11. Hose SAE 100R11

Hose SAE 100R11 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak dengan enam lapisan spiral yang terbuat dari kawat berat (heavy wire) yang dibungkus dengan arah yang bergantian, Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.


12. Hose SAE 100R12

Hose SAE 100R12 digunakan dengan cairan cairan hidrolik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 121°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan empat lapisan spiral dari kawat berat yang dibungkus dengan arah bergantian,  Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.


13. Hose SAE 100R13

Hose SAE 100R13 digunakan dengan cairan cairan hidrolik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 121°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan beberapa lapisan spiral dari kawat berat yang dibungkus dengan arah bergantian,  Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.


14. Hose SAE 100R14

Hose SAE 100R14 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi, sintetis, dan air dengan temperatur kerja berkisar -54° hingga 204°C.

a). Hose SAE 100R14 Tipe A

Tipe ini terdiri dari tabung bagian dalam yang terbuat dari politetrafluorethylene (PTFE) yang diperkuat dengan anyaman tunggal terbuat dari baja tahan karat tipe 303XX.

b). Hose SAE 100R14 Tipe B

Tipe ini memiliki konstruksi yang serupa dengan Tipe A, namun pada bagian permukaan memiliki sifat konduktif-elektrik untuk mencegah terjadinya penumpukan muatan elektrostatik.


15. Hose SAE 100R15

Hose SAE 100R15 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 121°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak, beberapa lapisan spiral dari kawat berat dibungkus dengan arah bergantian. Cover hose ini terbuat dari karet yang tahan minyak dan lingkungan.


16. Hose SAE 100R16

Hose SAE 100R16 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak, beberapa lapisan spiral dari kawat berat dibungkus dengan arah bergantian. Cover hose ini terbuat dari karet yang tahan minyak dan lingkungan.



Untuk lebih jelas memahami perbedaan dari masing-masing hose tersebut, berikut ini merupakan tabel jenis-jenis hose hidrolik beserta karakteristiknya.

Jenis Hose Hidrolik
Jenis Hose Hidrolik




Referensi :
https://www.hydraulicspneumatics.com/

0 Response to "Jenis Hose Hidrolik dan Fungsinya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel