Konstruksi Hose Hidrolik (Hydraulic Hose Construction)

Hose merupakan salah satu komponen penting pada sistem hidrolik yang berfungsi untuk mentransfer atau menyalurkan fluida kerja. Konstruksi Hose dibuat sesuai dengan spesifikasi industri yang mengacu pada standar SAE dan EN.

Hose hidrolik umumnya terdiri dari tiga bagian yaitu tabung dalam yang membawa cairan (inner tube), lapisan penguat (reinforcement layer), lapisan pelindung luar (Cover), dan coupling.
Konstruksi Hose Hidrolik
Konstruksi Hose Hidrolik

1. Inner tube (Tabung dalam)

Tabung Dalam (Inner tube) adalah komponen pada hose yang berfungsi sebagai media pembawa yang dapat menyalurkan cairan dan umumnya terbuat dari material karet dan plastik. Tabung dalam harus dapat memenuhi kriteria tertentu agar tidak mudah bereaksi atau mengganggu penyaluran cairan terhadap beberapa jenis cairan yang mengandung bahan kimia dan suhu kerja yang tinggi atau rendah.

2. Reinforcements (Penguat)

Reinforcements adalah komponen hose yang berfungsi memperkuat serta melindungi hose dari pengaruh beban atau tekanan yag bekerja baik dari luar hose maupun tekanan cairan yang mengalir di dalam hose itu sendiri. Reinforcements umumnya terbuat dari material serat alami dan serat sintetis, kawat, dan monofilamen.

3. Cover (Penutup)

Cover adalah komponen hose yang berfungsi untuk melindungi hose dari reaksi dan pengaruh lingkungan luar berupa abrasi, reaksi bahan kimia, pelapukan, dan lain sebagainya. Cover pada hose umumnya terbuat dari bahan karet atau plastik. 

4. Coupling (sambungan)

Hose Coupling (sambungan hose)
Hose Coupling (sambungan hose)
Kopling adalah komponen hose yang berfungsi untuk menyambungkan hose ke berbagai komponen lain dalam sistem hidrolik (ujung terminasi), selain itu coupling cuga berfungsi untuk mencegah kebocoran pada sambungan hose. Umumnya coupling hose memiliki dua bagian utama yaitu batang dan ferrule. Batang berfungsi untuk menyalurkan cairan dan segel pengunci antara batang dan hose. Sedangkan Ferrule yang terpasang pada reinforcement berfungsi untuk melindungi hose dan sambungan dari pengaruh lingkungan. Coupling hose umumnya terbuat dari material karbon atau stainless steel, dan seringkali diberi pelapis (coating) untuk meningkatkan ketahanan terhadap bahan kimia dan korosi.




Referensi :

[1] https://www.hydraulicspneumatics.com/
[2] https://www.machinedesign.com/

0 Response to "Konstruksi Hose Hidrolik (Hydraulic Hose Construction)"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel