Jenis-Jenis Senar Gitar

Senar gitar adalah salah satu aspek penting dalam sebuah gitar dan nada yang dihasilkan, meskipun bentuknya yang relatif dan harganya yang relatif murah. Memilih jenis senar gitar yang tepat untuk merupakan hal yang sangat penting. Senar gitar memiliki respons dan nada yang berbeda, ketika senar yang digunakan tepat, tentunya akan menghasilkan alunan nada yang merdu. Demikian pula, jika memilih jenis senar yang salah dapat mempengaruhi kualitas suara dan nada yang dihasilkan.
Oleh karena itu, untuk memahami karakteristik dari senar gitar perlunya mengetahui jenis-jenis senar gitar. Berikut ini merupakan pemaparan jenis senar gitar berdasarkan jenis material dan bentuknya.

Jenis Material Senar Gitar

Terdapat tiga jenis material yang digunakan pada senar gitar yaitu baja dan nikel, kuningan, dan nilon. Berikut ini merupakan jenis material yang digunakan pada senar gitar yang mencakup respons dasar nada yang dihasilkan oleh jenis material tersebut.

1. Baja dan Nikel

Senar Gitar Steel dan Nikel
Senar Gitar Steel dan Nikel
Sebagian besar senar yang digunakan pada gitar listrik mengguanakan baja dengan tiga senar paling tebal dilapisi oleh nikel, meskipun dalam beberapa tahun terakhir senar nikel murni dan baja murni yang tidak diberi lapisan pada senar yang lebih tebal menjadi lebih populer.
Senar baja menghasilkan suara yang lebih terang dan lebih hidup daripada nikel, dengan kehadiran respons high-end yang lebih tinggi. 
Sedangkan senar nikel menghasilkan nada yang lebih kaya dengan bentuk yang leih besar dari senar baja. Senar nikel sangat cocok digunakan pada ritem (rhythm) dan memainkan genre musik lama, khususnya blues.
Baja berlapis nikel merupakan pilihan tengah di antara baja dan nekel. Ketika dilapisi dengan nikel menghasilkan respons low-end sambil mempertahankan nada pada senar treble.
Singkatnya, senar baja murni umumnya digunakan untuk menghasilkan nada lead yang lebih, seperti genere musik metal, rock, dan country. Sedangkan pada senar nikel cocok digunakan untuk dimainkan dengan tingkat distorsi yang rendah. Bisa dibilang senar nikel digunakan pada genre musik yang membutuhkan respons yang lebih hangat dan lembut, seperti blues atau genre lainnya.

2. Brass dan Bronze

Senar Gitar Bronze dan Brass
Senar Gitar Bronze dan Brass
Senar gitar kuningan dan perunggu umumnya digunakan pada gitar akustik. Terdapat dua jenis utama senar pada gitar akustik yaitu senar baja berlapis brass dan berlapis bronze.
Senar brass atau yang lebih dikenal dengan senar bronze 80/20, terbuat dari paduan 80% tembaga dan 20% seng. Paduan tersebut menghasilkan suara yang cerah dan memotong, meskipun ketika digunakan pada gitar yang sudah memiliki respon high-end yang menonjol dapat menghasilkan paduan instrumen yang terdengar tipis dan nyaring. Senar brass cocok digunakan pada jenis gitar yang memiliki ukuran seripa OM (orchestra model) atau lebih besar (gitar OM, dreadnoughts, dan jumbo).
Senar gitar fosfor bronze menghasilkan suara yang lebih hangat dengan respons high-end yang halus. Dimana jenis senar ini sangat cocok digunakan untuk genre yang memainkan nada mellow, seperti seperti folk atau finger style.

3. Senar Nylon

Senar Gitar Nylon
Senar Gitar Nylon
Senar nylon umumnya digunakan pada jenis gitar klasik atau gitar nylon. Jenis gitar ini umumnya lebih ringan dibandingkan dengan jenis gitar akustik senar steel.
Beberapa musisi menggunakan senar nylon pada gitar akustik senar steel, menghasilkan nada yang sangat hangat dan rileks. Meskipun volume yang dihasilkan jauh lebih kecil dan respons yang berkurang pada seluruh rentang frekuensi.
Menggunakan senar nylon pada jenis gitar senar steel, cocok digunakan pada jenis musik folk yang lambat dan lembut. Namun, respons yang di dapatkan dari senar nylon pada gitar akustik senar steel bagus untuk genre musik tertentu, namun masih tidak bisa menggantikan jenis senar kuningan atau perunggu yang lebih baik digunakan pada jenis musik tersebut.



Konstruksi Senar Gitar

Sama dengan jenis material, bentuk atau konstruksi pada senar gitar memiliki pengaruh yang sama pada nada yang dihasilkan oleh gitar. Bagaian-bagian yang terdapat pada senar gitar yaitu gauge, string core, winding type dan coating.

1. Gauge

Gauge adalah ketebalan pada senar. Sebagai aturan umum, jika semakin tebal senar, maka akan menghasilkan respon yang hangat dan volume yang leih besar. Namun, senar yang lebih tebal akan lebih kaku, sehingga membuat fret menjadi lebih keras. Senar yang lebih tipis umumnya  lebih mudah dimainkan, tetapi pada beberapa instrumen terdengar sangat tipis dan nyaring.
Ketebalan senar dapat diketahui berdasarkan nomor yang terdapat pada kemasan senar. Senar tertipis, biasanya berukuran 0,9 atau lebih rendah. Sedangkan ukuran senar terbesar 0,12 atau lebih tinggi. Senar ukuran 0,10 atau 0,11 umumnya dianggap sebagai senar medium.

2. String Core (Inti Senar)

Terdapat dua tipe utama inti senar yaitu hex core dan round core. String core hex menghasilkan suara yang lebih bright dan lebih keras. Senar ini terasa sedikit lebih kaku daripada Round core strings, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan.
Sedangkan Round core strings menghasilkan nada yang lebih lembut, sehingga cocok untuk jenis musik blues dan rock klasik. Selain itu jenis senar ini memiliki lebih banyak sustain daripada string hex core, meskipun perbedaannya tidak terlalu besar.

3. Winding (Jenis Gulungan)

Terdapat tiga jenis gulungan yang digunakan pada senar gitar modern yaitu, roundwound, flatwound, dan halfround. Pada senar gitar standar umumnya menggunakan jenis gulungan roundwound.
Senar pipih atau flatwound memiliki permukaan yang rata dan sangat populer digunakan pleh gitaris jazz. Namun Senar jenis ini tidak cocok untuk jenis musik rock atau blues.
Senar halfround adalah jalan tengah antara flatwound dan roundwound, namun kurang cocok untuk dimainkan pada genre musik modern.

4. Coating (Lapisan Senar)

Senar gitar yang dilapisi akan memiliki pemakaian yang lebih lama secara signifikan daripada senar yang tidak dilapisi, tetapi lapisan yang digunakan memiliki kecenderungan untuk mempengaruhi respons high-end. Namun pada senar berlapis memiliki harga yang lebih mahal.



Referensi
https://www.gearank.com/

0 Response to "Jenis-Jenis Senar Gitar"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel