Persyaratan dan Karakteristik Gambar Teknik

Gambar Teknik
Gambar Teknik
Gambar teknik merupakan media yang harus memuat informasi yang jelas dan legal, dimana aturan dan standar yang digunakan harus dipahami dan disepakati secara universal. Dalam suatu gambar harus memiliki karakteristik dan sifat yang memenuhi syarat dan aturan gambar yang baku atau resmi. Berikut ini merupakan karakteristik dan persyaratan yang harus terdapat pada gambar teknik.

1. Gambar teknik harus jelas dan tidak ambigu

Untuk setiap bagian pada komponen harus memiliki satu interpretasi yang jelas. Jika terdapat lebih dari satu interpretasi atau terdapat keraguan dalam gambar teknik, sehingga gambar menjadi sulit dipahami dan dapat menimbulkan salah persepsi atau ambigu.

2. Gambar teknik harus lengkap

Konten yang terdapat pada gambar teknik harus menyediakan seluruh informasi khususnya pada gambar yang ditujukan pada proses manufaktur. Meskipun setiap gambar harus lengkap dengan sendirinya, namun dapat menggunakan gambar tambahan jikka diperlukan untuk melengkapi spesifikasi, misalnya seperti gambar perakitan (assembly) dan gambar detail.

3. Gambar teknik harus sesuai dan dapat diduplikasi.

Sebuah gambar teknik merupakan sebuah spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat memberi informasi dan berkomunikasi. Informasi yang diberikan pada gambar teknik dapat berupa file komputer (soft copy) ataupun berkas (hard copy).

4. Gambar teknik harus independen

Gambar teknik tidak harus terikat pada bahasa apa pun. Informasi dalam bentuk Kata-kata yang terdapat pada gambar teknik hanya digunakan di dalam judul gambar atau bebrapa informasi berupa bentuk non-grafis yang perlu diberikan. Jadi, terdapat kecenderungan pada beberapa informasi gambar teknik dalam standar ISO menggunakan simbol sebagai pengganti kata-kata.

5. Gambar harus sesuai dengan standar

Salah satu aspek terpenting dalam suatu gambar teknik adalah standar, oleh karena itu suatu gambar teknik harus mengikuti standar dan aturan baku yang berlaku. Standar pada gambar merupakan aturan baku yang digunakan secara universal baik dalam skala internasional (ISO) ataupun regional tertentu (JIS, DIN, SNI).





Referensi :

0 Response to "Persyaratan dan Karakteristik Gambar Teknik"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel