Mengenal Jenis Gambar Teknik

Jenis Gambar Teknik
Jenis Gambar Teknik

Gambar teknik merupakan media komunikasi yang banyak digunakan dalam bidang keteknikan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk visual dengan menggunakan standar dan aturan baku yang diakui secara universal.

Terdapat beberapa jenis gambar teknik dimana setiap jenis gambar tersebut memiliki fungsi dan digunakan untuk tujuan tertentu. Berikut ini merupakan jenis gambar teknik.

1. Gambar Tunggal/Part

Gambar detail (Single part drawing) merupakan gambar yang menampilkan bagian secara detail dan termasuk informasi yang diperlukan untuk proses manufaktur, seperti bentuk, dimensi, toleransi, material, pengerjaan dan perlakuan.

2. Gambar Tabular (Tabular Drawing)

Gambar tabular menampilkan sebuah gambar atau sekumpulan bagian gambar dengan seri dan bentuk yang umumnya serupa dengan karakteristik keseluruhan bagian gambar tersebut dapat diwakili dalam sebuah bentuk tabular. Misalnya pada gambar jenis-jenis baut.

3. Gambar Rakitan (Assembly Drawing)

Gambar rakitan (Assembly drawing) menampilkan beberapa bagian tunggal atau sub-assembly yang dikombinasikan secara bersamaan hingga menjadi kesatuan yang utuh. Gambar assembly digunakan pada proses perakitan bagian atau komponen secara bersamaan dan tidak disarankan digunakan pada gambar manufaktur yang membutuhkan informasi secara detail dan jelas.

4. Gambar Kombinasi (Combined Drawing)

Gambar kombinasi merupakan gabungan dari beberapa gambar seperti gambar detail, gambar assembly dan daftar item. gambar kombinasi tersebut menampilkan informasi gambar secara lengkap dan jelas seperti detail gambar, proses manufaktur beserta gambar assembly dan daftar item yang menyertainya.

5. Gambar Arrangement

Gambar Arrangement berkaitan dengan akhir produk dan peralatan. Gambar ini menampilkan susunan pada gambar assembly atau gambar part, dimana termasuk beberapa informasi seperti fungsi dan fitur yang tersedia.

6. Gambar Diagram

Diagram adalah gambar yang menggambarkan fungsi pada suatu sistem yang umumnya menggunakan simbol sebagai representasi suatu bagian sistem atau fungsi tertentu. Gambar diagram umumnya digunakan pada sistem kelistrikan, elektronik, hidrolik dan pneumatik.

7. Gambar Sketsa

Gambar sketsa adalah gambar kasar atau gambar yang menampilkan bentuk sederhana tanpa menggunakan standar tertentu yang dapat dipahami oleh si pembuat gambar sketsa atau pihak terkait. Gambar sketsa umumnya dibuat pada beberapa kondisi tertentu misalnya pada saat membutuhkan gambaran suatu komponen dengan alat gambar yang terbatas untuk dilakukan proses penggambaran secara lengkap kemudian.












Referensi :

0 Response to "Mengenal Jenis Gambar Teknik"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel