Mengenal Jenis Kalkulator Beserta Fungsinya

Kalkulator adalah alat yang digunakan untuk menemukan solusi matematika tertentu dengan cepat dan akurat. Kita semua pasti tahu apa itu kalkulator dan mungkin sudah sering menggunakannya untuk beberapa keperluan tertentu yang membutuhkan perhitungan matematika secara cepat dan akurat. Dengan kata lain kalkulator sangat membantu kita dalam menemukan solusi atau memecahkan operasi matematika dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam beberapa bidang yang membutuhkan perhitungan dengan cepat dan akurat seperti keuangan dan finansial, ilmu teknik, IPTEK, pendidikan, dan beberapa bidang lainnya.

Dahulu kalkulator hanya berfungsi sebagai alat hitung matematis yang hanya dapat melakukan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan lain sebagainya. Namun saat ini terdapat beberapa jenis kalkulator yang menawarkan fitur dan fungsi yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan jenisnya. Oleh karena itu perlunya memahami jenis-jenis kalkulator berdasarkan fungsi dan kegunaannya bagi kalian yang berniat membeli kalkulator untuk keperluan tertentu. Berikut ini merupakan jenis-jenis kalkulator.


1. Kalkulator Dasar (Basic Calculator)

Kalkulator Basic
Kalkulator Basic
Kalkulator dasar adalah jenis kalkulator yang paling umum dan banyak digunakan dalam keseharian. Umumnya kalkulator jenis ini mempunyai bentuk yang ringkas dan beberapa tombol operasi dengan beberapa fungsi dan tampilan LED satu garis. seringkali pada beberapa merk kalkulator dapat dimasukan dalam saku sehingga mudah dibawa. Namun terdapat beberapa kalkulator dasar dengan tampilan yang lebih besar sehingga lebih mudah dibaca.

Kalkulator jenis ini sangat cocok digunakan untuk menghitung operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan pengkalian, oleh karena itu kalkulator ini dikenal sebagai kalkulator empat fungsi.


2. Kalkulator Ilmiah (Scientific Calculator)

Kalkulator Scientific
Kalkulator scientific atau kalkulator ilmiah adalah jenis kalkulator yang dapat melakukan operasi dan perhitungan matematika yang lebih lanjut dengan berbagai macam fungsi. Kalkulator scientific dapat digunakan untuk statistik, analisis, plot data ilmiah, konversi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pada kalkulator scientific umumnya dilengkapi dengan tombol yang lebih banyak dengan fungsi dan operasi yang beragam seperti operasi trigonometri, akar pangkat, integral, diferensial dan masih banyak lagi.

Sejauh ini, kalkulator scientific merupakan model kalkulator yang dapat digunakan untuk penggunaan secara luas seperti matematika umum, teknik, aljabar dan melakukan berbagai macam fungsi matematika yang rumit. Umumnya jenis kalkulator ini digunakan oleh mahasiswa, guru, insinyur, dan ilmuwan.


3. kalkulator grafik (Graphics Calculator)


Kalkulator Grafik

Dalam beberapa konteks tertentu, kalkulator grafik merupakan jenis kalkulator scientific dengan pengembangan lebih lanjutilmiah telah digantikan oleh kalkulator grafik. Dibandingkan dengan jenis kalkulator lainnya, kalkulator grafik memiliki tampilan yang lebih besar untuk menampilkan grafik, diagram, beberapa baris teks atau angka, dan perhitungan pada saat yang bersamaan.

Selain untuk memecahkan fungsi matematika, kalkulator grafik berfungsi memetakan grafik, memecahkan persamaan simultan, dan melaksanakan tugas dengan variabel. Beberapa jenis kalkulator grafik juga dapat dihubungkan ke instrumen lain seperti akselerometer elektronik, pengukur pH, termometer elektronik, perangkat cuaca, dan dengan demikian berfungsi sebagai pencatat data.


4. Kalkulator Printing (Printing Calculator)

Kalkulator printing
Kalkulator printing
Selain menampilkan hasi perhitungan di layar, kalkulator printing ini dapat mencetak hasilnya dengan pada secarik kertas. Kalkulator printing dilengkapi dengan satu gulungan kertas yang terdapat di dalam printer, yang digunakan untuk mencetak hasil perhitungan atau catatan tertulis dari perhitungan yang telah dibuat pada kalkulator. Sebagian besar kalkulator printing dapat mencetak dalam dua warna yaitu hitam dan merah, agar mudah mengidentifikasi nilai positif dan negatif.






Referensi : 
https://www.introinto.com.au/

0 Response to "Mengenal Jenis Kalkulator Beserta Fungsinya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel