Susunan Dimensi Pada Gambar Teknik Mesin

Dimensi berfungsi menyatakan ukuran maupun beberapa informasi dan keterangan tertentu sehingga gambar dapat dipahamim dan dapat diproses maupun diaplikasikan untuk tujuan tertentu.

Dalam penulisan dimensi pada gambar teknik seringkali terdapat beberapa dimensi pada beberapa bagian yang saling bersusun atau berimpit satu sama lain, oleh karena itu perlunya memahami jenis-jenis susunan dimensi yang terdapat pada gambar teknik agar gambar terlihat lebih rapih dan dapat dengan mudah dipahami.

Berikut ini merupakan susunan dimensi atau ukuran yang terdapat dalam gambar teknik.

1. Susunan Dimensi Berantai

Dimensi Berantai
Dimensi Berantai
Dimensi berantai merupakan susunan dimensi yang ditulisakan secara berantai atau dalam satu garis lurus dalam setiap segmen atau bagian terhadap satu titik referensi. Penggunaan susunan dimensi jenis ini cukup mudah untuk dibuat dan terlihat lebih rapih, namun pada beberapa kondisi tertentu dalam hal pembacaan gambar yang tidak efisien karena harus menjumlahkan tiap segmen untuk mengetahui besar dimensi lainnya.


2. Susunan Dimensi Sejajar

Dimensi Sejajar
Dimensi Sejajar
Dimensi sejajar menggunakan ukuran yang terpisah untuk setiap bagian dimensi terhadap suatu garis atau titik referensi. Dengan menggunakan susunan dimensi secara sejajar ukuran atau dimensi pada gambar dapat terlihat lebih jelas dan tegas, namun cukup memakan banyak ukuran luas kertas gambar.


3. Susunan Dimensi Berurutan

Dimensi Berurutan
Dimensi Berurutan
Susunan dimensi berurutan digunakan untuk menyederhanakan ruang gambar dengan tidak mempertimbangkan kejelasan dalam pembacaan dimensi gambar. Pada susuan dimensi berurutan, dimensi dari beberapa segmen atau bagian dapat ditumpangkan terhadap dimensi yang lain. Dimana terdapat suatu titik pangkal yang berfungsi sebagai titik atau bidang referensi yang ditandai dengan lingkaran pada garis dimensi. Angka pada dimensi diletakan searah dengan garis bantu pada bidang tersebut dan ditunjukan dengan arah panas sesuai dengan arah acuannya.


4. Susunan Dimensi Kombinasi

Dimensi Gabungan
Dimensi Gabungan
Susuan dimensi secara kombinasi merupakan perpaduan antara susunan berantai dan sejajar yang dapat digunakan dalam beberapa kondisi tertentu namun harus tetap mengikuti aturan dan standar sehingga dapat dipahami.





Referensi :
[1]. Menggambar mesin menurut standar ISO, Takeshi sato & N.Sugiarto

0 Response to "Susunan Dimensi Pada Gambar Teknik Mesin"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel