Mengenal Jenis-Jenis Mesin Cuci dan Perbedaannya

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan disertai pula dengan meningkatnya mobilitas kehidupan manusia, diperlukan alat bantu yang mempermudah beberapa kegiatan sehari-hari dengan lebih efisien dan cepat. Mesin cuci adalah salah satu alat bantu atau mesin yang sangat mempermudah kegiatan sehari-hari yang berfungsi untuk mencuci pakaian dengan lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Mesin cuci bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak dengan mekanisme tertentu untuk mencuci pakaian dengan bersih, jadi dengan menggunakan mesin cuci tidak perlu lagi mencuci tangan secara manual menggunakan tangan yang melelahkan, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga untuk mencuci pakaian. 

Terdapat beberapa jenis mesin cuci yang dibedakan berdasarkan mekanisme kerjanya seperti mesin cuci semi-otomatis dan mesin cuci full otomatis, selain itu mesin cuci dapat dibedakan berdasarkan bentukkonstruksi atau letak tabung yaitu mesin cuci tabung atas (top load) dan mesin cuci tabung depan (front load). Dari jenis mesin cuci tersebut memiliki karakteristik dan kelebihan masing masing, tentunya disarankan memahami kebutuhan jenis mesin cuci yang akan digunakan.

Secara umum terdapat tiga jenis mesin cuci yang banyak digunakan sehari-hari yaitu :
1. Mesin cuci semi otomatis tabung atas/mesin cuci dua tabung
2. Mesin cuci full otomatis tabung atas/ mesin cuci satu tabung
3. Mesin cuci full otomatis tabung depan

Jenis-Jenis Mesin Cuci
Jenis-Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci full otomatis (Fully-automatic washing machines)

Mesin cuci full otomatis dapat melakukan proses tahapan pencucian secara keseluruhan dengan satu kali pengaturan tombol. Mesin cuci jenis ini dilengkapi dengan satu tabung multi fungsi yang berfungsi untuk mencuci, membilas dan sekaligus sebagai pengering pakaian. Mesin cuci full otomatis dapat berbentuk mesin cuci tabung depan atau tabung atas dengan pengaturan yang berbeda sesuai dengan merk produk mesin cuci tersebut. Umumnya jenis mesin cuci full otomatis berada pada kisaran harga yang lebih tinggi daripada jenis mesin cuci semi otomatis.


Mesin Cuci Semi-otomatis (Semi-automatic washing machines)

Mesin cuci semi otomatis hanya dapat melakukan beberapa bagian proses mencuci namun beberapa proses tertentu dilakukan secara manual, seperti mengisi air di dalam tabung sebelum mulai mencuci, atau pada mesin cuci semi-otomatis dua tabung, harus memindahkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam tabung pengering. Jenis mesin cuci tersebut umumnya merupakan jenis mesin cuci dua tabung atas.


Mesin Cuci Tabung Depan (Front load washing machines)

Mesin cuci tabung depan sebagian besar merupakan jenis mesin cuci full otomatis dimana proses pencucian, pembilasan dan pengeringan dilakukan dalam satu tabung secara otomatis.

konstruksi dan bentuk mesin cuci tabung depan umumnya memiliki satu tabung dengan posisi mendatar atau menghadap ke depan, dimana pakaian dimasukan pada lubang yang terdapat di bagian depan mesin cuci tersebut.

Mesin cuci jenis ini biasanya membutuhkan lebih sedikit air, selain itu menghasilkan hasil cucian yang lebih baik daripada jenis mesin cuci beban atas karena sirkulasi putaran pada tabung depan dapat memutar cucian dengan merata.


Mesin Cuci Tabung Atas (Top load washing machines)

Mesin cuci tabung atas memiliki beberapa jenis yaitu mesin cuci full otomatis dan semi otomatis. Mesin cuci tabung atas dapat terdiri dari satu atau dua tabung yang berfungsi sebagai pencuci maupun pengering pakaian. 

Mesin cuci tabung atas memiliki konstruksi tabung pencuci secara tegak atau vertikal dan pakaian dimasukan melalui lubang bagian atas tabung. 

Adapun kelebihan mesin cuci jenis ini yaitu, tidak perlu membungkuk untuk proses memasukan maupun mengeluarkan pakaian dari mesin cuci sehingga lebih nyaman untuk digunakan. 

Mesin cuci tabung atas otomatis memiliki bentuk yang lebih rngkas karena hanya terdiri dari satu tabung sebagai pencuci sekaligus pengering pakaian, Namun pada jenis semi otomatis memiliki dua tabung yang masing-masing berfungsi sebagai pencuci dan pengering.






Referensi :

https://www.ariel.in/
http://blog.duerdensappliance.com/

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Mesin Cuci dan Perbedaannya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel