Mengenal Perbedaan Cuaca dan Iklim

Mengenal Perbedaan Antara Iklim dan Cuaca
Mengenal Perbedaan Antara Iklim dan Cuaca
Dalam Kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing atau seringkali mendengar istilah cuaca ataupun iklim. Kedua istilah tersebut menggambarkan kondisi suatu wilayah atau lingkungan dengan cakupan tertentu. Namun sebenarnya cuaca merupakan hal yang berbeda. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai cuaca dan iklim beserta perbedaannya.


Apa itu iklim ?

Iklim adalah pola cuaca jangka panjang yang terjadi dalam suatu wilayah tertentu. Beberapa ilmuwan dan pakar mendefinisikan iklim sebagai cuaca rata-rata pada suatu wilayah dengan periode waktu tertentu, biasanya berada pada periode waktu lebih dari 30 tahun yang menggambarkan pola cuaca rata-rata untuk wilayah tertentu.

Ketika membahas tentang iklim pada suatu wilayah, berarti perlunya studi dan pengamatan rata-rata kondisi lingkungan pada wilayah tersebut yang meliputi curah hujan, intensitas sinar matahar, suhu, kelembaban,  kecepatan angin, kabut, embun, badai es, dan beberapa ukuran parameter cuaca lainnya.

Misalnya, setelah mengemati data pengukuran hujan dan beberapa data pada satelit, para ilmuwan yang ahli dalam bidang meteorologi dapat mengetahui apakah selama musim panas, suatu daerah lebih kering dibandingkan dengan kondisi rata-rata. Jika hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kondisi yang lebih kering dari biasanya selama musim panas, maka hal tersebut menunjukan terjadinya perubahan iklim.


Apa itu Cuaca ?

Cuaca adalah fenomena perilaku yang terjadi pada atmosfer, terutama beberapa aspek yang berhungan dengan kehidupan dan aktivitas manusia. Cuaca terdiri dari perubahan kondisi atmosfer yang terjadi dalam jangka waktu yang pendek, berkisar antar jam atau harian.

Sebenarnya terdapat komponen yang menggambarkan kondisi cuaca pada suatu wilayah seperti sinar matahari, hujan, awan, angin, hujan es, salju, badai petir, hujan deras, gelombang panas dan masih banyak lagi beberapa kondisi cuaca lainnya.


Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan yang paling mendasar antara cuaca dan iklim adalah ukuran waktu. Cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi dalam kurun waktu yang singkat, sedangkan iklim adalah rata-rata kondisi atau perilaku atmosfer dalam periode waktu yang relatif lama.

Ketika kita berbicara tentang perubahan iklim, maka kita berbicara tentang perubahan rata-rata jangka panjang dari cuaca harian. Jika musim panas tampak lebih panas belakangan ini, maka iklim yang terjadi saat ini mungkin telah mengalami perubahan. Pada beberapa belahan dunia, musim semi yang terjadi beberapa tahun ini datang lebih awal daripada 30 tahun yang lalu. Musim semi yang datang lebih awal tersebut merupakan indikasi kemungkinan terjadinya perubahan iklim.




Referensi :
https://www.nasa.gov/

0 Response to "Mengenal Perbedaan Cuaca dan Iklim"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel