Fungsi Tanda Spiral Pada Mesin Pesawat

Fungsi Tanda Spiral Pada Mesin Pesawat
Fungsi Tanda Spiral Pada Mesin Pesawat
Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang banyak digunakan karena dapat menjangkau wilayah yang luas dalam waktu relatif lebih cepat. Dalam sebuah mesin pesawat terdapat komponen yang sangat kompleks dengan fungsinya masing-masing. Namun ada salah satu hal yang menarik pada bagian pesawat yaitu pada bagian depan mesin pesawat, yaitu apabila kita memperhatikan lebih detail pada bagian depan mesin pesawat terdapat tanda spiral atau garis melingkar dengan bentuk yang unik. Lalu apakah fungsi tanda spiral pada mesin pesawat tersebut ?.

Memberi tanda peringatan pada kru darat

Fungsi utama tanda spiral pada bagian depan mesin pesawat adalah untuk memperingatkan kru darat yang bekerja di sekitar mesin pesawat untuk memberikan tanda bahwa mesin pesawat sedang hidup dan untuk memastikan tidak ada yang kru pesawat dengan jarak terlalu dekat dengan mesin yang sedang berjalan. Berada di dekat mesin pesawat yang sedang hidup sangat berbahaya dan penting bahwa anggota kru darat yang sedang bekerja di sekitar pesawat dapat mengidentifikasi mesin yang sedang hidup dan segera menjauh dari mesin pesawat dalam jarak yang aman.

Kita mungkin tahu bahwa mesin pesawat mengeluarkan suara yang sangat bising saat sedang bekerja. Seorang kru darat menggunakan perlengkapan berupa pelindung pendengaran untuk menghindari efek bising yang dihasilkan oleh mesin pesawat sehingga kru pesawat tersebut tidak dapat mendengar mesin pesawat yang sedang hidup atau terdapat beberapa pesawat yang beroperasi secara bersamaan sehingga tidak selalu jelas mesin pesawat mana yang sedang hidup dan mana yang tidak.

Tanda spiral pada mesin pesawat merupakan salah satu bentuk prosedur keamanan pada kru pesawat yang minim pendengaran karena pelindung suara dengan pemahaman dan instruksi yang sudah dimengerti dengan jelas. Jika mesin pesawat dalam keadaan mati, tanda spiral dapat dengan jelas terlihat tepat berda ditengah turbin atau mesin. Saat mesin pesawat mulai hidup, maka tanda tersebut akan terlihat kabur atau transparan, tergantung pada kecepatan putaran mesin pesawat, sehingga kru darat dapat membedakan mesin pesawat yang sedang bekerja dan yang tidak. 

Oleh karena itu meskipun terlihat tidak terlalu berguna atau bahakan tidak diperhatikan oleh orang-orang, namun  tanda spiral pada mesin pesawat merupakan bentuk prosedur keamanan dan keselamatan yang sangat penting dalam penerbangan.




Referensi :
https://interestingengineering.com/
https://baaflightschool.com/

0 Response to "Fungsi Tanda Spiral Pada Mesin Pesawat"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel