Kenapa Burung Bisa Terbang ? Berikut Penjelasannya

Kenapa burung bisa terbang
Kenapa burung bisa terbang

Burung merupakan hewan yang sering kita jumpai  dalam keseharian dengan berbagai macam jenis dan ukuran, seringkali kita melihat burung di dalam sangkar ataupun terbang dengan bebas di pepohonan atau sekitar rumah. Namun, pernahkah kita bertanya-tanya mengapa burung dapat terbang ? mengapa manusia ataupun hewan lain tidak bisa terbang ?, Berikut penjelasannya.

Burung merupakan hewan yang diberi kelebihan untuk terbang yang berguna dalam bertahan hidup untuk menghindari pemangsa, mencari makan ataupun pada sebagian burung untuk bermigrasi dengan jarak yang jauh. Sekilas mungkin sangat mudah melihat burung terbang yaitu hanya dengan mengepakan sayap kemudian dapat terbang bebas dari satu tempat ke tempat lain. 

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi burung sehingga dapat terang yaitu bentuk fisik burung sendiri dimana burung diberikan bentuk fisik yang sesuai dan proporsional sehingga dapat terbang. Burung memiliki bentuk fisik yang medukung sehingga burung dapat terbang, adapun kemampuan dan bentuk fisik pada burung yaitu :

1. Bobot relatif ringan

Bobot atau berat burung yang relatif ringan akan mengurangi gaya berat dan gaya hambat (drag) ketika terbang.

2. Sayap

Sayap burung sangat penting untuk menghasilkan gaya angkat (Lift). Pada bentuk sayap burung jika dilihat dari samping akan terlihat lengkungan dimana bentuk sayap pada ujung depan lebih besar daripada bagian sayap belakang. Kecepatan yang meningkat pada area sayap atas yang melengkung menciptakan jalur udara yang lebih panjang, sehingga udara bergerak lebih cepat di atas permukaan sayap, dan mengurangi tekanan udara di atas sayap sehingga menciptakan daya angkat.

Sayap burung yang lebih besar menghasilkan daya angkat yang lebih besar daripada burung yang memiliki sayap yang lebih kecil. Jadi burung bersayap kecil harus terbang lebih cepat untuk mempertahankan daya angkat yang sama dengan burung bersayap lebih besar.

3. Bentuk tulang burung berlubang dan ringan

Tidak seperti hewan lain yang memiliki tulang yang padat, tulang burung pada dasarnya memiliki bentuk yang unik dimana terdapat lubang atau celah dengan kantung udara dengan bagian kecil yang menyilang untuk membuat tulang lebih kuat, sehingga mengurangi gaya berat pada burung.

4. Bentuk tubuh ramping

Tubuh burung memiliki bentuk yang ramping dan aerodinamis sehingga membantu mengurangi hambatan udara pada saat terbang.

5. Memiliki otot terbang pada sayap yang kuat

Tulang dada yang diperbesar untuk perlekatan otot terbang dan memberikan ikatan yang kuat untuk otot terbang, hal tersebut guna membantu burung untuk mengepakan sayap dengan cepat sehingga menghasilkan gaya dorong






Referensi :
https://www.sciencelearn.org.nz

0 Response to "Kenapa Burung Bisa Terbang ? Berikut Penjelasannya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel