Prinsip Kerja Sistem Hidrolik

Pengertian Sistem Hidrolik

Dalam beberapa aplikasi pada operasi kontrol seringkali menggunakan beberapa jenis penggerak utama seperti energi listrik, mesin diesel/bensin, penggerak uap dan lain sebagainya yang digunakan sebagai penggerak utama. Penggerak utama terseut dapat melakukan berbagai gerakan dengan menggunakan beberapa komponen mekanis seperti jack screw, tuas, roda gigi dan lain sebagainya.

Sistem Hidrolik
Sistem Hidrolik
Salah satu mekanisme penggerak yang sangat populer dan banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi yaitu sistem Hidrolik. Dimana sistem Hidrolik adalah suatu mekanisme dengan memanfaatkan cairan atau fluida yang tidak termampatkan untuk melakukan suatu kerja atau mekanisme tertentu dengan menggunakan sistem yang terdiri dari beberapa komponen utama maupun komponen pendukung. Fluida yang digunakan pada sistem hidrolik berupa Oli ataupun air, dimana fluida tersebut tidak dapat mengalami kompresi ketika diberi tekanan.

Prinsip Kerja Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik secara sederhana memanfaatkan cairan atau fluida tertutup yang tidak dapat termampatkan (incompressible), kemudian tekanan diberikan pada cairan tersebut sebagai media transmisi untuk melakukan kerja. Secara teoritis Sistem hidrolik bekerja berdasarkan prinsip hukum Pascal yang mengatakan bahwa "Tekanan yang diberikan dalam fluida tertutup akan diteruskan pada semua arah dengan sama besar".
Prinsip Kerja Hidrolik

Karena P1 = P2, Dimana Tekanan merupakan gaya per satuan luasan, maka dapat ditulis kembali dengan persamaan berikut :
Persamaan hukum pascal

Berdasarkan ilustrasi gambar diatas terlihat bahwa gaya yang diberikan oleh fluida diteruskan ke segala arah, dimana tekanan pada fluida akan meningkat berbandng lurus dengan gaya yang diberikan. Karena tekanannya sama di semua arah, piston yang lebih kecil memiliki gaya yang lebih kecil dan piston yang besar memiliki gaya yang besar. Berdasarkan prinsip tersebut, maka gaya yang besar dapat dihasilkan dengan gaya input yang lebih kecil dengan menggunakan sistem hidrolik.



Referensi :
https://hcsplating.com/
https://www.grc.nasa.gov/

0 Response to "Prinsip Kerja Sistem Hidrolik"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel