Apa Yang Dmaksud Dengan PPM (Part Per Million) ?

Pengertian PPM (Part Per Million)

Part Per Million
Part Per Million
Parts per million atau Bagian per sejuta (PPM) adalah rasio yang digunakan untuk menggambarkan jumlah kontaminan atau konsentrasi yang terdapat dalam suatu zat. Dimana satu PPM adalah jumlah unit dibagi per sejuta unit.

Misalnya dalam satuan massa, satu miligram adalah seperseribu gram (1 mg =1/1000 g) dan satu gram seperseribu kilogram (1 g = 1/1000 Kg). Satu miligram adalah seperseribu dari seperseribu kilogram, jadi miligram adalah satu bagian per juta kilogram. Sehingga, satu ppm sama dengan satu miligram per kilogram (1 ppm = mg/kg).

Kilogram dan miligram adalah satuan massa sehingga tidak berlaku untuk volume cairan atau gas. Satuan volume cairan yang paling umum digunakan adalah liter, dimana massa satu liter air memiliki berat satu kilogram. Jika konsentrasi zat atau kontaminan adalah padatan, maka dapat diukur dalam miligram. Jadi, satu bagian per sejuta konsentrasi zat padatan dalam cairan dapat ditulis sebagai miligram per liter (mg/l).

Dalam bentuk pecahan, Satu ppm sama dengan 1/1.000.000 dari keseluruhan:

1ppm = 1/1.000.000 = 0,000001 = 1 × 10^-6

Dalam bentuk persentase Satu ppm sama dengan 0,0001%:

1ppm = 0,0001%

Selain itu PPM sering digunakan untuk menggambarkan konsentrasi kontaminan yang terdapat di udara sebagai fraksi volume atau ppmV. Dalam hal ini konversi ppm menjadi mg/m^3 tergantung pada berat molekul kontaminan.

PPM adalah unit paling umum yang digunakan dalam mengukur kontaminan. Namun, pada beberapa kondisi untuk mendeteksi jumlah kontaminan yang bahkan lebih kecil, menggunakan rasio unit bagian per miliar / Part per billion (PPB) dan bahkan bagian per triliun / Part per trillion (PPT). Sebagai contoh dalam sistem berat metrik, mikrogram adalah seperseribu miligram (1 ug = 1/1000 mg). Karena satu miligram adalah sepersejuta kilogram, dan mikrogramnya seribu kali lebih kecil. Dengan demikian, bagian per miliar ukuran padat sama dengan ug/kg. Demikian pula, bagian per miliar padatan dalam cairan sama dengan ug/l.


Konsep dan Contoh PPM (Part Per Million)

Bagian Per Sejuta
Bagian Per Sejuta
Contoh sederhana dari konsep bagian per sejuta misalnya Jika kalian membagi sepotong roti secara merata menjadi 10 bagian, maka setiap bagian akan menjadi bagian per sepuluh atau sepersepuluh dari total roti. jika kalian memotong roti tersebut menjadi sejuta potongan, maka masing-masing keping akan sangat kecil dan akan mewakili sepersejuta dari total roti tersebut atau satu bagian per sejuta dari ukuran roti asli.

Dalam contoh tersebut, misalkan potongan-potongan roti terdiri dari bahan yang sama secara keseluruhan. Namun, jika terdapat kontaminan dalam roti tersebut pada tingkat satu bagian per sejuta, maka salah satu dari potongan roti yang tidak terlihat ini akan terdiri dari kontaminan dan 999.999 buah keping roti lainnya akan menjadi roti murni. Demikian pula, satu bagian per sejuta kontaminan atau pengotor dalam air mewakili sebagian kecil dari jumlah total air.





Referensi :
https://www.rapidtables.com/
https://www.greenfacts.org/
http://pmep.cce.cornell.edu/

0 Response to "Apa Yang Dmaksud Dengan PPM (Part Per Million) ?"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel