Mengenal Jenis Pisau Dapur dan Kegunaannya

Memasak merupakan salah satu rutinitas yang seringkali kita lakukan setiap hari khususnya di dapur. Di dalam dapur sendiri umumnya terdapat berbagai macam alat masak yang mungkin sudah tidak asing bagi kita semua. Salah satu alat masak yang pasti ditemukan pada dapur adalah pisau.

Pisau adalah salah satu alat dapur yang mempunyai fungsi dan kegunaan beragam, mulai dari memotong hingga mengupas bahan masakan. Dengan berbagai macam keperluan tersebut terdapat berbagai macam jenis pisau yang menawarkan fungsi dan kegunaan yang lebih spesifik agar memudahkan proses memasak serta menghasilkan olahan bahan masakan yang baik

Namun bagi sebagian besar dapur rumah pada umumnya hanya terdapat bebrapa jenis pisau atau bahakan hanya satu jenis pisau yang digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak. Hal tersebut tentunya sah-sah saja selama dapat digunakan untuk memasak, namun bagi seorang yang membutuhkan hasil dan proses memasak yang lebih efisien (dalam hal ini juru masak) pentingnya memeiliki dan memahami kegunaan setiap jenis pisau sesuai dengan fungsi serta kegunaannya.

Berikut ini merupakan jenis-jenis pisau dapur beserta kegunaannya.

1. Pisau Masak (Cook's Knife)

Pisau Masak (Cook's Knife)
Pisau Masak (Cook's Knife)
Pisau masak adalah pisau yang sangat penting di dapur. Pisau ini biasanya memiliki bilah lebar yang meruncing ke atas pada suatu titik, memungkinkan pisau maju mundur untuk melakukan cincang cepat. Panjang pisau ini berkisar antara 6 sampai 12 inci, ukurannya dipilih dengan mempertimbangkan seberapa besar tangan juru masak.

Pisau tersebut dapat digunakan untuk hampir semua tugas pemotongan di dapur, mulai dari memotong daging hingga memotong berbagai macam sayuran. Oleh karena itu mengapa pisau ini harus dimiliki di setiap koleksi set pisau dapur.


2. Pisau Santoku (Santoku Knife)

Pisau Santoku (Santoku Knife)
Pisau Santoku (Santoku Knife)
Pisau Santoku adalah jenis pisau koki gaya Barat namun dalam versi Jepang. Pisau ini sedikit lebih pendek dan lebih tipis dan digunakan sebagai pengganti pisau masak, terutama bagi beberapa koki yang lebih suka pisau yang lebih kecil dan ringan.

Santoku berasal dari bahasa jepang yang berarti "tiga kebajikan", dimana dalam memasak diartikan sebagai mengiris, memotong, dan mencincang. Pisau ini berbentuk bulat dan dapat melakukan hampir semua hal yang bisa dilakukan pisau masak pada umumnya.

Karena bilahnya rata, sehingga tidak bergoyang di talenan. Hal tersebut membuatnya kurang cocok untuk saat Anda ingin mencincang sayuran, tetapi masih dapat digunakan untuk irisan sayuran yang kecil. Santoku dibuat dengan ujung berongga pada sepanjang mata pisau yang berfungsi untuk memotong daging, ikan, dan bahan lunak dan keras lainnya tanpa menempel dan mengurangi kecepatan dan ketepatan pemotongan.


3. Pisau Utility (Utility Knife)

Pisau Utility (Utility Knife)
Pisau Utility (Utility Knife)
Pisau serbaguna atau utility knife biasanya digunakan untuk memotong makanan yang terlalu kecil untuk pisau masak. Pisau ni memiliki panjang berkisar antara antara 4 dan 7 inci, 

Namun pisau ini tidak bagus untuk memotong atau mengiris bahan yang besar, tetapi bilah sempit dengan ujung kecil memungkinkan untuk melakukan pengirisan lebih tipis, memotong, dan mengiris lebih baik daripada pisau masak standar.


4. Pisau Boning (Boning Knife)

Pisau Boning (Boning Knife)
Pisau boning adalah pisau yang digunakan untuk proses memasak tertentu khususnya memisahkan daging dari tulang, mengiris ikan, dan memotong daging. Pisau boning dengan ukuran yang lebih kecil juga dapat digunakan sebagai pengganti pisau pengupas untuk mengupas dan memotong sayuran.

Pisau boning biasanya berukuran sekitar 3 hingga 8 inci, dengan lebar bilah yang sedikit bervariasi. Bilahnya memiliki beberapa karakteristik yaitu lentur, semi-lentur, atau kaku. Namun jenis bilah kaku menjadi yang paling banyak digunakan karena memiliki tingkat presisi pemotongan yang baik.


5. Pisau Roti (Bread Knife)

Pisau Roti (Bread Knife)
Pisau roti digunakan untuk memotong roti, kue, dan terkadang dapat pula digunakan untuk memotong daging dan seafood. Pisau ini dirancang sedemikian rupa sehingga dapat roti tanpa menekan atau memencetnya.

Dibuat untuk memotong makanan dengan potongan yang besar, pisau roti termasuk dalam jenis pisau dapur yang lebih panjang. Panjangnya antara 7 hingga 10 inci, dengan bentuk bilah yang lurus dan terdapat gerigi besar di sepanjang bilahnya.


6. Pisau Cincang (Cleaver Knife)

Pisau Cincang (Cleaver Knife)
Pisau Cincang (Cleaver Knife)
Pisau cincang digunakan untuk memotong tulang, daging, dan bahan keras serta tebal. Pisau ini memiliki handel yang tebal dan bilah yang sangat lebar. Dengan mata pisau yang lebar dan berat, pisau ini cocok untuk memukul dan melumat daging, unggas dan ikan, serta menghancurkan bawang putih.


7. Pisau Kupas (Paring Knife)

Pisau Kupas (Paring Knife)
Pisau pengupas biasanya digunakan untuk memotong dan mengupas buah dan sayuran, serta memangkas lemak berlebih dengan sangat presisi. Pisau ini dilengkapi dengan mata pisau tipis berukuran 3 sampai 4 inci dengan ujung berbentuk runcing.


8. Pisau Steak (Steak Knife)

Pisau Steak (Steak Knife)
Pisau Steak (Steak Knife)
Pisau steak ata juga disebut tabel knife  adalah pisau kecil yang digunakan di meja makan untuk memasak makanan. Pisau ini cocok digunakan untuk steak, ayam, dan ikan.

Pisau steak bisa memiliki tepi bergerigi, setengah bergerigi, atau tidak bergerigi. Pisau steak bergerigi tetap tajam untuk jangka waktu yang lebih lama meskipun tidak diasah. Pisau tidak bergerigi menjadi lebih cepat tumpul, tetapi relatif lebih mudah untuk diasah.


9. Pisau Fillet (Fillet Knife)

Pisau Fillet (Fillet Knife)
Pisau Fillet (Fillet Knife)
Pisau fillet sekilas terlihat sangat mirip dengan pisau boning. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya. Karena pisau boning dirancang untuk mengeluarkan daging dari tulang, maka cenderung lebih tebal dan memiliki daya tahan yang lebih baik. Sementara itu, pisau fillet umumnya dibuat untuk memotong irisan ikan atau daging yang tipis sehingga biasanya berbentuk lebih tipis, lebih panjang, dan lebih fleksibel.


10. Pisau Nakiri Bocho (Nakiri Bocho Knife)

Pisau Nakiri Bocho (Nakiri Bocho Knife)
Pisau Nakiri Bocho (Nakiri Bocho Knife)
Nakiri bocho adalah salah satu pisau gaya Jepang yang kebanyakan digunakan untuk memotong sayuran. Karena dirancang khusus untuk memotong sayuran, pisau ini memiliki bilah lurus memanjang. Hal tersebut memungkinkan untuk memotong sayuran atau buah berbentuk panjang seperti mentimun, terong atau wortel. Pisau ini sangat cocok digunakan untuk membuat irisan tipis dari mentimun, labu, atau tomat.








Referensi dan Gambar :

https://healthykitchen101.com/
https://www.allianceonline.co.uk/

0 Response to "Mengenal Jenis Pisau Dapur dan Kegunaannya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel