Apa yang Dimaksud Karat Pada Emas ?

Apa yang Dimaksud Karat Pada Emas
Apa yang Dimaksud Karat Pada Emas
Emas adalah jenis logam mulia yang banyak digunakan sebagai perhiasan atau disimpan sebagai investasi karena harganya yang cukup tinggi atau bahkan digunakan untuk kebutuhan tertentu misalnya untuk perangkat elektronik. Emas sudah erat dengan kehidupan manusia sejak dahulu. Namun seringkali kita sering mendengar istilah karat ketika menilai kualitas emas. Jadi apakah yang dimaksud karat pada emas ?


Pengertian Karat Pada Emas

Karat adalah ukuran yang menyatakan kemurnian kandungan emas. Ukuran 1 Karat emas adalah 1/24 bagian atau memiliki kandungan 4.1667 % emas murni. Kemurnian suatu paduan emas dinyatakan sebagai banyaknya bagian emas yang dikandungnya. Untuk mengetahui jumlah kandungan emas dapat diketahui dengan membagi nilai karat pada logam dengan 24 bagian, kemudian dikalikan dengan 100 %.

Persentase kandungan Emas = (Nilai karat / 24)*100%

Misalnya sebuah cincin Emas 22 Karat terdiri dari 22 bagian Emas murni dan 2 bagian logam paduan lainnya, jika dihitung nilai kemurnian kandungan emas pada emas 22 karat maka kemurninan kandungan emas sebesar 91,6 %. Oleh karena itu Karat dinyatakan sebagai jumlah bagian dari kandungan Emas murni. Sedangkan untuk logam dengan kandungan 100 % Emas murni disebut dengan Emas 24 karat, karena memiliki total keseluruhan 24 bagian emas murni dari 24 bagian keseluruhan emas.

Emas 24 karat dengan kandungan 100 % emas murni memiliki warna alami emas kuning berkilau. Untuk memperindah tampilannya Emas dapat dirubah warnanya dengan mengubah komposisi paduan dalam pembuatannya, sehingga untuk emas yang diubah warnanya bukan termasuk kedalam emas 24 karat karena penambahan beberapa paduan dan menurunkan tingkat kemurnian emas tersebut. Pada beberapa jenis perhiasan emas memiliki warna putih, merah muda, hijau atau beberapa warna lainnya. Emas merah muda misalnya dibuat dengan menambahkan unsur tembaga dalam komposisi paduan emas. Demikian juga pada emas hijau menambahkan unsur seng dan perak. Sedangkan pada emas putih menambahkan kandungan nikel pada paduan emas.


Berikut ini merupakan perbandingan kemurnian emas (karat) :

24 karat = 100% Emas murni

22 karat = 91.7 % Emas murni

18 karat = 75.0 % Emas murni

14 karat = 58.3 % Emas murni

12 karat = 50.0 % Emas murni

10 karat = 41.7 % Emas murni



Referensi :

https://www.mygoldguide.in/

https://www.gold.org/

0 Response to "Apa yang Dimaksud Karat Pada Emas ?"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel