Mengapa Bagian Luar Gelas Air Dingin Menghasilkan Embun dan Air ?

Mengapa Bagian Luar Gelas Air Dingin Menghasilkan Embun dan Air
Mengapa Bagian Luar Gelas Air Dingin Menghasilkan Embun dan Air 
Di siang hari yang cerah, meminum segelas minuman dingin merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuh. Namun setelah beberapa saat kemudian seringkali kita amati gelas yang berisi air dingin tersebut membentuk titik-titik air atau embun yang menempel pada permukaan bagian luar gelas. Bagaimana peristiwa tersebut terjadi dan mengapa air dingin pada gelas dapat menghasilkan embun pada permukaan luar gelas ? Berikut penjelasannya.

Hal tersebut secara alami terjadi karena proses Kondensasi atau pengembunan. Kondensasi adalah proses perubahan fasa uap air menjadi cair. Tanpa kita sadari udara yang terdapat di sekitar kita mengandung air. Kandungan air tersebut bukanlah air cair tetapi dalam bentuk gas atau dikenal dengan "Uap Air" yang menyebabkan terjadinya pembentukan embun dan tetesan air di luar gelas yang dingin.

Ketika uap air di udara bersentuhan dengan permukaan gelas yang dingin, molekul-molekul air dalam bentuk gas akan kehilangan energi panas, sehingga menyebkan gerakan antar molekul menjadi melambat dan semakin berdekatan. Ketika itu terjadi, uap air yang terdaat di udara akan terkondensasi membentuk titik-titik air pada permukaan kaca bagian luar gelas. Setelah beberapa saat ketika suhu cairan di dalam gelas menurun dan udara di sekitarnya akan mencapai suhu kesetimbangan. Pada kondisi tersebut kondensasi pada gelas tidak lagi dapat terjadi.



Referensi :

[1] https://sciencing.com/

[2] https://www.nationalgeographic.org/

[3] https://www.wonderopolis.org/

[4] https://www.quora.com/

0 Response to "Mengapa Bagian Luar Gelas Air Dingin Menghasilkan Embun dan Air ?"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel