Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Fungsi Turbin Ventilator Pada Atap Bangunan

 Apa itu turbin ventilator ?

Turbin Ventilator
Turbin Ventilator
Seringkali kita melihat terdapat sebuah benda berputar yang terdapat di atas atap suatu bangunan atau gedung yang terlihat mencolok dan menarik perhatian. Benda tersebut adalah cycle turbin ventilator yang tentunya bukian hanya sebagia hiasan atau penambah estetika semata, namun memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup penting.

Secara sekilas konstruksi dan bentuk turbin ventilator cuku kopleks namun secara konsep dan prinsip kerjanya sangat sederhana. Hampir serupa dengan jendela, turbin ventilator berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara ke dalam ruangan. Namun pada turbin ventilator terjadi proses sirkulasi udara yang lebih optimal dengan desain dan bentuk yang sedemikian rupa, dimana udara panas dan lembab yang terdapat di dalam ruangan akan dibuang ke lingkungan dan menghisap udara luar kedalam ruangan. Sehingga udara yang terdapat di dalam ruangan akan lebih segar karena proses sirkulasi yang baik.

Selain karena efektifitas dalam proses sirkulasi udara di dalam gedung, salah satu kelebihan turbin ventilator yaitu tidak membutuhkan sumber energi sebagai penggerak. Dimana pada turbin ventilator menggunakan energi gerak angin dan perbedaan tekanan termal yang mengalir melalui ventilator. Oleh karena itu turbin ventilator merupakan salah satu media sirkulasi udara yang dirankan untuk digunakan khusunya pada gedung atau ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara yang baik. 


Prinsip Kerja dan Fungsi Turbin Ventilator

Proses sirkulasi udara Turbin ventiltor terjadi secara alami dan paksa. Proses ventilasi alami terjadi ketika terjadi perbedaan tekanan termal antara bagian dalam dan luar bangunan sehingga memaksa udara bergerak melalui saluran ventilator. Umumnya udara yang terdapat di dalam ruangan memiliki temperatur udara yang lebih panas. Udara panas tersebut memiliki massa jenis yang lebih ringan dan akan bergerak ke atas dan terakumulasi pada turbin ventilator. Ketika udara panas keluar dari turbin akan terjadi dorongan ke belakang bada baling-baling ventilator sehingga menimbulkan gerak memutar atau rotasi. Ketika bilah turbin ventilator memutar turbin akan menimbulkan gaya sentrifugal dan menghasilkan ruang hampa atau vakum di dalam turbin. Kondisi vakum tersebut digantikan oleh udara luar yang didorong masuk kedalam ruangan.


Aplikasi dan Penggunaan Turbin Ventilator

Turbin ventilator banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan khususnya untuk bangunan atau gedung yang membutuhkan sirkulasi udara yang memadai. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi dan penggunaan turbin ventilator.

1. Industri kimia

2. Industri Rekayasa

3. Industri farmasi

4. Boiler house

5. Gelanggang olahraga indoor

6. Aula

7. Restoran

8. Tempat Tinggal Pribadi




Refrensi :
[1] https://www.cyclevent.com/
[2] modernproducts.co.za/
[3] https://www.findlayroofing.com/

Post a Comment for "Mengenal Fungsi Turbin Ventilator Pada Atap Bangunan"