Jenis Mesin Potong Gergaji Tangan (Hand Saw Machine)

Dalam pekerjaan fabrikasi, terdapat beberapa pekerjaan atau proses tertentu yang sering dilakukan. Salah satu proses yang umum dilakukan dalam mengerjakan suatu bahan yaitu pekerjaan memotong (cutting). Memotong adalah proses pemisahan bagian benda menjadi dua bagian atau lebih dengan mengunakan alat bantu yang dikerjakan secara manual atau dengan bantuan mesin.

Pada umumnya mesin potong atau gergaji dioperasikan secara langsung dengan tangan atau perkakas tangan bertenaga (hand power tools). Selain fungsi utamanya sebagai pemotong dalam beberapa jenis mesin potong tertentu dapat dilakukan pengerjaan lain seperti pembuatan celah atau alur pada benda. Terdapat beberapa jenis mesin perkakas potong tangan dengan fungsi dan kegunaan tertentu. Untuk lebih memahami tentang jenis-jenis mesin potong tangan, berikut ini merupakan pemaparan lbih lanjut tentang jenis mesin potong gergaji tangan beserta fungsi serta kegunannay.

1. Jig Saw

Jig Saw
Jig Saw

Mesin potong jig saw bekerja dengan cara mendorong dan menusuk dengan arah gerakan mata potong yang tegak lurus terhadap posisi motor penggerak jig saw. Terdapat sebuah landasan datar yang berfungsi untuk meluruskan mata potong agar tepat tegak lurus terhadap bidang potong.

Mesin potong jig Saw digunakan untuk memotong bahan berupa bentuk lembaran logam tipis, plastik, papan dan karet.

2. Cut Off Saw

Cut Off Saw
Cut Off Saw

Mesin potong cut off menggunakan mata potong berupa piringan dimana posisi mata potong yang dapat digerakan secara vertikal dan arah putaran mata potong berlawanan arah jarum jam. Terdapat sebuah ragum pada baian bawah mesin potong yang berfungsi untuk menjepit benda kerja agar tidak bergeser ketika dilakukan pemotongan.

Mesin potong cut off saw sering ditemui pada setiap bengkel farikasi karena kemmapuan pemotongannya yang cepat dan dapat digunakan pada beberapa bentuk benda seperti pipa, besi hollow, besi siku, dan plat strip dengan ukuran diameter yang kecil.

3. Reciprocating Saw

Reciprocating Saw
Reciprocating Saw

Reciprocating saw atau gergaji tusuk menggunakan mata potong gergaji yang sejajar dengan gerakan mendorong dan menusuk, sehingga jenis mesin potong tersebut dikenal juga dengan sebutan gergaji tusuk. Reciprocating saw dapat digunakan dengan berbagai macam posisi, sehingga kedalaman irisan atau pemotongan dapat diatur. Untuk kecepatan pemotongan atau pendorongan mata gergaji dapat diatur sedemikian rupa, dimana untuk memotong bahan yang lunak dapat menggunakan kecepatan pemotongan tinggi, sedangkan untuk bahan yang keras menggunakan kecepatan yang rendah.

Mesin potong reciprocating saw umumnya digunakan untuk memotong bahan berbentuk lembaran seperti papan kayu, plat logam, karet dan plastik. Selain itu mesin potong reciprocating saw dapat juga digunakan untuk memotong beberapa bahan seperti pipa hollow persegi, besi pejal dan pipa bulat dengan ukuran diameter tertentu.

4. Mitter Saw

Mitter Saw
Mitter Saw

Mitter saw secara konstruksi hampir serupa dengan jenis mesin potong cut off saw, namun perbedaan pada jenis mesin potong mitter saw yaitu posisi pemotongan dan konstruksi ragum yang lebih dinamis. Sudut ragum pada mesin potong ini dapat digeser dan diatur sehingga memungkinkan membuat hasil pemotongan yang lebih fleksibel.

Mesin potong mitter saw digunakan untuk beberapa bahan seperti pipa persegi, pipa bulat, besi bulat, pelat besi dan beberapa bentuk material lain yang berdimensi panjang dan berdiamater kecil.

5. Band Saw Portable

Band Saw Portable
Band Saw Portable

Mesin gergaji Band saw portable menggunakan mata potong berupa mata gergaji berbentuk pipih menyerupai pita yang dapat berputar 360°, oleh karena itu mesin potong ini dikenal dengan mesin gergaji pita. Pada saat penggunaan band saw portable tidak dianjurkan dilakukan penekanan karena dapat menyebabkan mata potong gergaji bengkok atau bahkan patah.

Mesin potong saw portable dapat digunakan untuk bahan yang berbentuk persegi atau silinder yang relatif lunak seperti plastik, kayu, pelat besi dan karet.

6. Marble Cutter Saw

Marble cutter saw
Marble Cutter Saw

Marble cutter saw atau dikenal dengan gergaji pualam adalaha jenis mesin potong yang memiliki sebuah mata potong pipih bulat yang terbuat dari bahan besi atau baja. Marble cutter saw secara konstruksi hampir serupa dengan mesin potong cut off saw dengan posisi mata potong yang tegak lurus terhadap motor listrik, namun pada jenis mesin potong ini dapat dijinjing dan dipindahkan sesuai dengan bidang yang akan dipotong.

Marbel cutter saw digunakan untuk memotong bahan yang relatif keras seperti marmer, logam, kayu atau bahan lain yang berbentuk pipa atau lembaran.


Sekian pembahasan tentang jenis-jenis mesin potong atau mesin gergaji tangan, semoga dapat menambah informasi dan wawasan bagi pembaca.





0 Response to "Jenis Mesin Potong Gergaji Tangan (Hand Saw Machine)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel