Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Karakteristik dan Penggunaan Material FRP (Fiber Reinforcement Polymer)

Apa itu material FRP ?

Bahan FRP (Fiber Reinforcement Plastic)
Bahan FRP (Fiber Reinforcement Plastic)

Fibre-Reinforced Polymer (FRP) adalah material komposit yang terbuat dari matriks berbahan polimer yang diperkuat dengan serat fiber. Bahan FRP terdiri dari kombinasi bahan resin termoset dan fiberglass dalam beberapa lapisan atau laminasi. Kombinasi resin dan serat kaca meningkatkan ketahanan lingkungan dan kimia pada produk dan meningkatkan kekuatan struktur pada produk.

Setiap jenis laminasi memiliki fungsi khusus, oleh karena itu untuk setiap laminasi dapat dipilih jenis resin yang berbeda untuk membuat suatu produk. Secara umum, bahan resin pada produk FRP dapat menggunakan tiga jenis resin yaitu poliester, vinil ester atau epoksi. Sementara unuk jenis fiber yang digunakan umumnya berbahan kaca, karbon, aramid, atau basalt.


Karakteristik Material FRP (Fiberglass Reinforcement Polymer)

Produk yang menggunakan bahan FRP dikenal karena kekuatan mekanisnya dan menjadi pilihan yang tepat dalam hal ketahanan terhadap korosi. Selain itu bahan FRP relatif lebih ringan dengan rasio berat terhadap kekuatan yang sangat tinggi, memiliki ketahanan suhu yang sangat baik dengan sifat isolasi termal yang baik

Material FRP dapat dibentuk dalam bentuk yang kompleks, sehingga dapat dirancang dengan bentuk khusus untuk menyediakan fungsi penguat yang berbeda untuk memenuhi persyaratan kekuatan pada bagian tertentu. Produk FRP memiliki permukaan internal yang halus sehingga memberikan aliran produk yang sempurna dan Produk berbahan FRP relatif mudah untuk diperbaiki dan hampir tidak memerlukan perawatan.


Kegunaan dan Produk Berbahan FRP

Produk berbahan FRP banyak digunakan dalam berbagai macam bidang industri seperti industri petrokimia, otomotif, pertambangan, kelautan, fasilitas pengolahan air limbah, minyak, gas, pembangkit listrik, dan industri konstruksi.. Berikut ini beberapa contoh produk yang menggunakan bahan FRP, seperti tangki penyimpanan, talang air FRP, pelapis, sistem saluran, perpipaan, dan beberapa produk industri proses lainnya.


Kelebihan Material FRP

Terdapat beberapa Kelebihan serta keunggulan utama penggunaan material FRP, sehingga banyak dipilih dalam penggunaan beberapa aplikasi yang membutuhkan ketahanan kimia dan korosi yang baik.  Selain itu bahan FRP lebih minim perawatan dan masa pakai produk yang lebih panjang. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dalam penggunaan material FRP.

- Bobot yang Ringan dengan kekuatan tinggi

- Tahan terhadap korosi

- Stabilitas dimensi

- Bahan non-konduktif

- Non-magnetik

- Memiliki Konduktivitas termal rendah

- Instalasi cepat dan sederhana

- Transparansi terhadap RF (Radio Frequency)

- Perlindungan terhadap sinar UV


Referensi :
https://www.fieldfabricatedfiberglasstanks.com/
https://gratingfrpaustralia.com.au/

Post a Comment for "Karakteristik dan Penggunaan Material FRP (Fiber Reinforcement Polymer)"