Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Karakteristik dan Kegunaan Logam Platinum

Mengenal Logam Platinum

Platinum atau Platina adalah logam transisi dan termasuk dalam salah satu dari enam jenis kelompok logam platinum. Kata Platinum berasal dari bahasa spanyol yaitu Platina yang berarti 'perak kecil', karena penampilan platinum yang berwarna abu-abu-putih keperakan.

Platinum merupakan salah satu unsur langka yang terdapat di kerak bumi, dengan kelimpahan rata-rata sekitar 5 μg/kg. Pada tabel periodik, Unsur platinum disimbolkan dengan (Pt) pada grup 10, periode 6 blok d dengan nomor atom 78. Platinum terdiri dari enam isotop alami (190Pt, 192Pt, 194Pt, 195Pt, 196Pt, dan 198Pt).

Karakteristik dan Kegunaan Logam Platinum
Karakteristik dan Kegunaan Logam Platinum


Karakteristik dan Sifat Platinum

Platinum murni berwarna putih keperakan mengkilap yang tahan terhadap korosi seperti unsur emas. Platinum memiliki titik leleh pada suhu 1769 °C, titik didih 3827 °C, dengan berat jenis yang cukup tinggi yaitu sebesar 21,45 g/cm3. Platinum bersifat ulet sehingga memungkinkan untuk ditempa. Platinum memiliki kekuatan yang lebih ulet daripada perak, emas atau tembaga, sehingga menjadi logam murni yang paling ulet.

Platinum tahan terhadap korosi, dan stabil pada suhu tinggi serta memiliki sifat listrik yang stabil. Platinum tidak teroksidasi di udara pada suhu berapa pun, meskipun terkorosi oleh sianida, halogen, belerang, dan alkali kaustik. Platinum tidak larut dalam asam klorida atau asam nitrat tetapi akan larut ketika kedua asam tersebut dicampur untuk membentuk aqua regia.


C. Penambangan dan Produksi Platinum

Platinum ditambang sebagian besar terutama di wilayah Afrika Selatan, tetapi juga ditemukan di beberapa wilayah Rusia dan Zimbabwe. Platinum murni ditemukan dalam endapan placer atau bijih lainnya. Karena platinum secara signifikan lebih padat daripada banyak pengotornya, pengotor yang lebih ringan sering kali dihilangkan dengan mengapungkannya selama pencairan. Pengotor nikel dan besi dihilangkan dengan menerapkan elektromagnet di atas campuran. Karena platinum memiliki titik beku yang lebih tinggi daripada kebanyakan zat lain, bahan pengotor seringkali kali dapat dilebur tanpa melelehkan platinum tersebut.

Platinum juga dapat diperoleh sebagai produk sampingan dari pengolahan logam lain seperti nikel dan tembaga. Kebanyakan platinum berasal dari mineral yang disebut cooperite, juga dikenal sebagai platinum sulfida. Ketika proses elektrorefining tembaga terjadi, logam mulia seperti perak, emas bersama dengan logam kelompok platinum mengendap di dasar sel sebagai "lumpur anoda", yang membentuk ekstraksi kelompok logam platinum.


D. Kegunaan dan Aplikasi Platinum

Dengan beberapa karakteristik serta sifat yang dimilikinya, berikut ini bebrapa aplikasi dan penggunaan material platinum.

- Seperti halnya emas ataupun perak, platinum banyak digunakan sebagai perhiasan karena memiliki penampilan yang menarik dan keuletan yang baik.

- Platinum digunakan dalam catalytic converter untuk kendaraan transportasi seperti bus, mobil dan truk, untuk mengurangi dampak gas emisi pada pembakaran mesin kendaraan.

- Platinum juga banyak digunakan sebagai katalis untuk membuat bahan kimia seperti silikon, asam nitrat dan benzena karena kemampuan katalitiknya yang sangat baik.

- Di bidang kesehatan, platinum digunakan sebagai bahan beberapa obat kemoterapi seperti Cisplatin, dan juga digunakan dalam alat pacu jantung dan bahkan tambalan gigi.

- Dalam Industri elektronik platinum digunakan sebagai komponen pada hard disk komputer.

- Platinum dapat bertahan dengan baik di bawah suhu tinggi, oleh karena itu digunakan untuk melapisi bilah mesin jet dengan produk berbasis platinum melindunginya di tempat yang suhunya bisa mencapai 2.000 derajat C.

- Aplikasi yang paling umum dari ini adalah Catalytic Converter di mobil yang mengubah Karbon monoksida (CO) dan polutan residu lainnya menjadi Karbon dioksida (CO2) dan uap air.


Referensi :
https://www.thoughtco.com/
https://www.livescience.com/
https://www.britannica.com/
https://www.rsc.org/
https://www.thenaturalsapphirecompany.com/
https://www.toppr.com/

Post a Comment for "Mengenal Karakteristik dan Kegunaan Logam Platinum"