Jenis Palu Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Pada umumnya sebagian besar kotak peralatan rumah setidaknya memiliki satu atau dua buah palu untuk keperluan pertukangan sederhana dirumah. Palu adalah alat sederhana yang dirancang untuk memukul suatu benda secara langsung dengan mengayunkan kepala palu ke objek yang akan dipukul. Palu terdiri dari dua bagian utama yaitu kepala dan pegangan. Khususnya untuk kepala palu dapat memiliki bentuk dan jenis material tertentu tergantung pada jenis dan fungsi palu tersebut.

Kita lebih mengenal palu sebagai alat pertukangan yang digunakan untuk menancapkan paku pada kayu atau untuk memukul objek tertentu. Namun, lebih dari itu ternyata palu memiliki beberapa fungsi dan kegunaan khusus diantaranya yaitu untuk pertukangan umum, perakitan furnitur, finishing, merivet, membentuk logam, memecahkan batu, memahat dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan jenis-jenis palu beserta fungsi dan kegunaannya.

1. Palu Kambing (Claw Hammer)

Palu Kambing (Claw Hammer)
Palu Kambing (Claw Hammer)

Palu kambing atau claw hammer adalah jenis palu yang paling umum digunakan oleh tukang bangunan karena memiliki banyak kegunaan. Disebut palu kambing karena bentuk kepala palu yang menyerupai kepala kambing. Pada bagian kepala palu terdiri dari dua bagian yaitu bagian pemukul dan sisi bagian lain kepala palu berupa pengait yang berfungsi untuk mencabut paku yang sudah tertancap pada kayu atau tembok.

2. Palu Konde (Ball Peen Hammer)

Palu Konde (Ball Peen Hammer)
Palu Konde (Ball Peen Hammer)

Palu konde memiliki dua sisi kepala palu yang berbeda yaitu kepala dengan sisi datar dan pada sisi lainnya berupa kepala berbentuk bulat atau setengah lingkaran. Pada bagian bulat kepala palu digunakan untuk memukul memukul lembaran logam, membuat cekungan atau memasang paku keling.

3. Palu Godam (Sledge Hammer)

Palu Godam (Sledge Hammer)
Palu Godam (Sledge Hammer)

Palu godam adalah jenis palu dengan ukuran kepala palu yang paling besar dengan gagang yang lebih panjang dan kokoh. Palu godam digunakan untuk menghantam benda yang keras misalnya untuk menghancurkan batu, beton dan tembok.

4. Palu Terak (Chipping Hammer)

Palu Terak (Chipping Hammer)
Palu Terak (Chipping Hammer)

Palu terak adalah jenis palu yang dapat dengan mudah ditemukan pada bengkel pengelasan. Palu jenis ini secara khusus digunakan untuk membersihkan bahan pengotor sisa hasil pengelasan (terak). Kepala palu terak umumnya lebih ramping dan pada bagian kepala lain berbentuk lebih runcing untuk menjangkau bagian sudut hasil pengelasan, selain itu pada bagian pemegang menggunakan pegas untuk meningkatkan elastisitas pada saat pemukulan.

5. Palu Gepeng (Cross Peen Hammer)

Palu Gepeng (Cross Peen Hammer)
Palu Gepeng (Cross Peen Hammer)

Palu gepeng digunakan pada ruang pukul yang terbatas atau pada bagian sudut. Diperlukan kehati-hatian yang tinggi jika menggunakan palu dengan cara ini, karena palu cenderung lebih mudah tergelincir dari kepala paku karena permukaan kontak yang kecil sehingga dapat merusak permukaan bahan atau mengenai tangan.

6. Palu Karet (Rubber Hammer)

Palu Karet (Rubber Hammer)
Palu Karet (Rubber Hammer)

Palu karet adalah jenis palu khusus dengan kepala yang terbuat dari bahan karet. Palu karet umumnya digunakan untuk memukul benda tanpa merusak permukaan atau benda tersebut secara langsung. Palu karet umumnya digunakan dalam bengkel permesinan, otomotif, dan pertukangan. 

7. Palu Kayu (Wooden Hammer)

Palu Kayu (Wooden Hammer)
Palu Kayu (Wooden Hammer)

Palu kayu digunakan dalam pengerjaan kayu dan pertukangan kayu untuk menyatukan potongan kayu, misalnya untuk merakit sambungan dovetail, atau saat memalu pasak. Palu kayu digunakan dalam pemahatan karena permukaan palu berbahan logam dapat merusak permukaan ujung pahat atau permukaan kayu ketika tergelincir, sehingga digunakan palu kayu untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu palu kayu relatif lebih ringan sehingga memudahkan dalam mengontrol pahat, karena memukul dengan kekuatan yang lebih kecil daripada palu logam.

8. Palu Plastik (Plastic Hammer)

Palu Plastik (Plastic Hammer)
Palu Plastik (Plastic Hammer)

Palu plastik adalah jenis palu yang digunakan untuk memukul benda-benda yang lunak agar tidak pecah atau menimbulkan goresan pada saat dipukul.

9. Palu Muka Ganda (Club Hammer)

Palu Muka Ganda (Club Hammer)
Palu Muka Ganda (Club Hammer)

Palu muka ganda memiliki bentuk kepala palu yang sama pada kedua sisinya dengan bentuk kepal datar dan cenderung sedikit menggelembung pada permukaannya. Kepa palu muka ganda cenderung lebih kokoh dan tebal, oleh karena itu palu jenis ini umumnya digunakan pada proses pembentukan logam pada pekerjaan pandai besi atau dapat juga digunakan dalam pekerjaan konstruksi bangunan.

10. Palu Kombinasi (Combination Hammer)

Palu Kombinasi (Combination Hammer)
Palu Kombinasi (Combination Hammer)

Palu kombinasi umumnya merupakan perpaduan antara dua jenis bahan kepala palu pada masing masing sisinya. Bahan yang digunakan berupa kombinasi antara bagian pemukul keras yang berbahan baja dan pada sisi lain berupa pemukul berbahan lunak seperti karet, nylon, plastik atau tembaga.


Itulah pembahasan tentang jenis-jenis palu beserta fungsi dan kegunaannya, semoga dapat menambah wawasan dan informasi bagi para pembaca. Terimakasih



Referensi :
https://www.mechical.com/
https://technologystudent.com/
https://www.monotaro.id/
https://yaletools.com/
https://www.theengineerspost.com/

0 Response to "Jenis Palu Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel