Kelebihan dan Kekurangan Gypsum Untuk Plafon atau Dinding

Dinding merupakan salah satu komponen penting pada bangunan yang berfungsi untuk memisahkan ruang dan melindungi bangunan dari lingkungan luar. Terdapat berbagai macam jenis dinding yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan dinding tersebut.

Salah satu bahan yang cukup banyak digunakan pada dinding yaitu dinding berbahan gypsum. Gypsum banyak dipilih sebagai dinding karena relatif lebih murah, mudah dipasang dan menawarkan hasil akhir yang cukup baik. Selain digunakan sebagai bahan dinding, gypsum banyak digunakan untuk penggunaan pada plafon atau langit-langit pada rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Gypsum Untuk Plafon & Dinding
Kelebihan dan Kekurangan Gypsum Untuk Plafon & Dinding

Selain memiliki beberapa kelebihan, perlu juga untuk mempertimbangkan penggunaan gypsum agar tepat dan sesuai dengan aplikasi dan kondisi fisik lingkungan yang berhubungan langsung dengan dinding gypsum.

Sebagai bahan pertimbangan dalam penggunaan bahan gypsum, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan bahan gypsum khususnya untuk dinding atau plafon.

Kelebihan Gypsum Untuk Plafon dan Dinding

Bahan gypsum banyak digunakan sebagai material bangunan khususnya pada dinding dan langit-langit rumah. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan penggunaan bahan gypsum

1. Tahan Terhadap Api

Gypsum adalah material yang tahan terhadap api dengan indeks peneyabaran api dan kepadatan asap yang rendah.

2. Mudah Dibentuk Sesuai Kebutuhan

Bahan gypsum dapat dengan mudah dibentuk menjadi beberapa macam bentuk sesuai dengan kebutuhan dekorasi dan arsitektur. 

3. Mudah Dipasang

Gypsum dapat dengan mudah dan cepat untuk dilakukan pemasangan. Khususnya pada jenis gypsum board karena berupa lembaran sehingga dapat dengan mudah dan cepat untuk mengcover area yang akan dipasang.

4. Konduktivitas Thermal yang Rendah

Dinding berbahan gypsum memiliki konduktivitas termal yang rendah, sehingga cukup baik digunakan untuk menjaga suhu didalam ruangan dan minim terjadi perpindahan panas dengan lingkungan luar.

5. Hasil Akhir Permukaan yang Baik

Dinding dan plafon berbahan gypsum menghasilkan permukaan akhir yang sejajar dan level, sehingga hasil kahir pada permukaan tampak lebih rapih.


Kekurangan Gypsum Untuk Plafon dan Dinding

Setelah mengetahui beberapa kelebihan penggunaan gypsum yang sudah dijelaskan diatas, perlu kuga untuk mengetahui kekurangannya. Berikut ini merupakan kekurangan penggunaan material gypsum.

1. Tidak Tahan Terhadap Air

Salah satu kekurangan bahan gypsum yang paling utama yaitu tidak tahan terhadap air. Oleh karena itu bahan gypsum tidak disarankan pada penggunaan yang berhubungan secara langsung dengan air misalnya seperti penggunaan pada luar ruangan, kamar mandi dan toilet.

2. Daya Tahan dan Kekuatan Relatif Rendah

Jika dibandingkan dengan bahan seperti semen atau beton penggunaan gypsum pada dinding atau plafon cenderung memiliki kekuatan yang lebih rendah, sehingga sangat mudah mengalami kerusakan pada permukaan gypsum jika terkena benturan atau hantaman secara langsung pada permukaannya.




Referensi :
https://www.alldryus.com/
https://gharpedia.com/
https://www.linkedin.com/

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Gypsum Untuk Plafon atau Dinding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel