Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kusen, Jendela & Pintu Aluminium

Kusen, Jendela & Pintu Aluminium

Kusen Aluminium


Dalam proses pembuatan suatu rumah atau bangunan terdiri dari berbagai macam proses yang kompleks bagi perancang agar sesuai dengan keingingan dan biaya yang tersedia dari pemilik rumah. Terdapat berbagai macam jenis desain serta bahan bangunan dengan karakteristik yang beragam. Salah satu aspek penting dalam merancang suatu rumah yaitu pemilihan jenis material yang digunakan untuk kusen, jendela dan pintu.

Melakukan pemilihan jenis kusen, jendela dan pintu pada rumah akan berkaitan dengan hasil akhir, kualitas dan biaya yang akan dikeluarkan. Bahan kusen, jendela dan pintu dapat terbuat dari bahan kayu, Aluminium, vinyl & fiberglass, namun yang paling sering digunakan yaitu kusen, jendela dan pintu berbahan kayu dan aluminium.

Dalam artikel kali ini akan dibahas kelebihan, kekurangan serta pertimbangan dalam menggunakan kusen, jendela dan pintu berbahan aluminium sehingga dapat dijadikan bahan referensi ketika menggunakan bahan aluminium untuk kusen, jendela dan pintu.


Kelebihan Aluminium Untuk Kusen, Jendela & Pintu

Bahan aluminium merupakan salah satu bahan yang cocok digunakan dalam penggunaan Kusen, Jendela & Pintu pada rumah dengan beberapa kelebihannya. Berikut ini merupakan kelebihan penggunaan bahan aluminium pada Kusen, Jendela & Pintu.

1. Lebih Mudah Dilakukan Perawatan

Kusen, Jendela & Pintu berbahan aluminium sangat mudah dirawat karena tidak mengalami korosi dan perubahan warna . Oleh karena itu, perawatannya sangat mudah dan murah karean tidak perlu dilakuak pengecatan ulang dan pendempulan yaitu cukup dengan dilap atau dibersihkan jika terdapat debu atau kotoran yang menempel.

2. Daya Tahan yang Sangat Baik

Salah satu alasan utama dalam pemilihan bahan aluminium pada Kusen, Jendela & Pintu yaitu karena memiliki daya tahan yang sangat baik dengan jangka waktu pakai yang sangat panjang. Aluminium dapat bertahan lama karena merupakan logam dan tidak mengalami pelapukan dan masalah lain yang dipengaurhi oleh kondisi lingkungan.

3. Konstruksi Kuat dan Ringan

Frame berbahan aluminium memiliki rongga dengan ketebalan tertentu pada aluminium sehingga relatif lebih ringan jika dibandingkan bahan kayu, oleh karena itu jika digunakan pada bangunan bertingkat akan mengurangi beban statis pada bangunan. Meskipun ringan dan berongga, namun frame berbahan aluminium memiliki kekuatan yang cukup baik untuk penggunaan pada Kusen, Jendela & Pintu.

4. Rangka Aluminium Meningkatkan Estetika Pada Rumah

Dalam beberapa rancangan dan desain rumah tertentu seperti desain arsitektur bergaya kontemporer, modern, minimalis dan beberapa gaya arsitektur lainnya sangat cocok menggunakan frame berbahan aluminium karena menjadi bagian dari gaya desain tersebut dan meningkatkan nilai estetika pada rumah tersebut

5. Aluminium Lebih Ramah Lingkungan

Bahan aluminium 100% dapat didaur ulang dan digunakan kembali sehingga jauh lebih ramah lingkungan daripada frame berbahan uPVC. Selain itu, penggunaan bahan aluminium juga membantu mengurangi ketergantungan pada penggunaan kayu.


Kekurangan Aluminium Untuk Kusen, Jendela & Pintu

Selain memiliki beberapa kelebihan, penggunaan aluminium pada Kusen, Jendela & Pintu memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan penggunaan frame aluminium.

1. Penampilan dan Bentuk Yang Monoton

Pada beberapa orang menilai bahwa kusen, jendela dan pintu berbahan aluminium kurang menarik jika dibandingkan dengan kayu. Karena aluminium terkesan datar, monoton, tidak alami dan tidak dapat dibentuk atau diukir dengan berbagai macam variasi seperti bahan kayu.

2. Terjadi Perpindahan panas Keluar Masuk Ruangan

Aluminium merupakan salah satu bahan dengan konduktor termal yang baik yang. Oleh karena itu frame berbahan aluminium dapat menyebabkan terjadinya transfer panas keluar atau masuk ruangan. Misalnya jika menggunakan pendingin udara di dalam ruangan maka panas di luar ruangan akan masuk karena proses konduksi panas pada bahan aluminium.

3. Terjadi kondensasi

Selain itu, bingkai aluminium juga memungkinkan terjadinya kondensasi atau bahkan embun beku pada permukaan interior jendela yang dapat menimbulkan berbagai macam masalah.


Pertimbangan Menggunakan Aluminium Untuk Kusen, Jendela & Pintu

Penggunaan frame berbahan aluminium dapat disesuaikan dengan rancagan rumah yang akan dibuat, misalnya untuk arsitektur bergaya kontemporer dan modern minimalis sangat cocok menggunakan bahan alumunium sebagai fram Kusen, Jendela & Pintu. Selain itu pertimbangan yang tidak kalah penting yaitu kondisi lingkungan yang akan ditempati apakah mendapat cahaya matahari yang tinggi atau memiliki kelembaban yang tinggi. Dan yang terakhir yaitu pada besarnya anggaran yang dikeluarkan, biaya yang dikeluarkan pada tiap jenis bahan pada frame bervariasi dan relatif satu sama lain sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Namun pada bahan alumunium menawarkan kelebihan pada daya tahan dan masa pakai yang sangat panjang, oleh karena itu banyak digunakan sebagai pertimbangan dalam emilih bahan aluminium.

Setelah mengenal kelebihan dan kekurangan penggunaan bahan aluminium dapat dijadikan sebagai salah satu referensi pemilihan jenis bahan untuk Kusen, Jendela & Pintu pada rumah. Pemilihan jenis bahan tersebut kembali pada kebutuhan, selera pemilik rumah dan anggaran yang tersedia.




Referensi :
https://www.livingwoodwindows.co.uk/
https://www.betaview.com.au/
https://www.actionglass.com.au/
https://www.alimax.ltd/
https://www.windowresource.com/

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kusen, Jendela & Pintu Aluminium"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel