Perbedaan Cat Interior dan Eksterior Pada Rumah

Secara umum cat dibagi menjadi dua jenis yaitu cat berbasis minyak dan cat berbasis air. Penampilan dan hasil akhir dari pengecatan memiliki beberapa variasi hasil akhir yaitu Matte, Low sheen, Gloss dan Semi-gloss. Selain itu pada beberapa jenis cata yang serupa memiliki perbedaan parameter pada kilau, reflektifitas, daya tahan, dll.

Pada dasarnya cat terdiri dari bahan utama yaitu resin, pelarut, pigmen dan campuran bahan aditif. Pigmen adalah warna, yang terikat pada permukaan oleh resin. Resin yang digunakan pada cat dapat menggunakan bahan epoksi, akrilik atau bahkan silikon. Sedangkan bahan Aditif memberikan sifat khusus pada cat, seperti menahan pertumbuhan jamur, meningkatkan hasil akhir pewarnaan cat, membuat cat lebih mudah diaplikasikan pada permukaan, dan membuat cat mudah dibersihkan.

Salah satu pertimbangan dalam penggunaan cat adalah kondisi lingkungan, jika mengacu pada kondisi lingkungan cat dibagi menjadi dua jenis yaitu cat interior dan cat eksterior. Cat interior adalah jenis cat yang digunakan untuk aplikasi pengecatan di dalam ruangan, sedangkan cat eksterior adalah jenis cat yang digunakan untuk aplikasi pengecatan di luar ruangan. Cat interior memiliki kemampuan untuk menahan jamur dan relatif lebih aman bagi kesehatan sedangkan cat eksterior digunakan untuk aplikasi luar ruangan dengan paparan cahaya matahari langsung atau perubahan cuaca ekstrem.

Oleh karena itu ketika merencanakan pengecatan, penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya dan memilih jenis cat yang tepat sesuai dengan aplikasi dan penggunaannya. Berikut ini merupakan perbedaan, karakteristik dan penggunaan pada cat interior dan eksterior.


Perbedaan Antara Cat Interior dan Cat Eksterior

Perbedaan Cat Interior dan Eksterior
Perbedaan Cat Interior dan Eksterior

Meskipun terdapat beberapa banyak perbedaan antara kedua jenis cat ini, salah satu perbedaan paling utama antara kedua jenis cat tersebut adalah jenis resin yang digunakan. Dimana bahan resin pada cat berfungsi untuk mengikat pigmen pada permukaan yang dicat. Kandungan resin pada cat akan menentukan seberapa baik cat akan menempel pada permukaan. Untuk lebih memahami perbedaan antara cat interir dan eksterior, berikut karakteristik pada masing-masing cat tersebut.


Karakteristik Cat Interior 

Cat interior secara umum digunakan untuk penggunaan di dalam ruangan khususnya untuk kebutuhan dekorasi dan estetika. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dan sifat pada cat interior.

a. Cat interior menggunakan jenis resin yang lebih kaku, sehingga tidak mudah lecet atau tergores selain itu untuk noda ringan yang menempel pada permukaan cat dapat dibersihkan dengan sabun dan air.

b. Cat interior menghasilkan emisi VOC (Volatile Organic Compounds) yang lebih rendah. Sehingga mengurangi risiko kesehatan dan tidak mengkontaminasi kualitas udara di rumah.

c. Karena lebih menonjolkan estetika Cat interior memiliki lebih banyak ragam varian warna dan tekstur yang bervariasi, termasuk matte, satin, kulit telur, satin, gloss, semi-gloss serta berbagai jenis efek faux-finish.


Karakteristik Cat Exterior

Cat exterior secara umum digunakan untuk penggunaan luar ruangan yang membutuhkan daya tahan tinggi terhadap perubahan lingkungan dan paparan matahari langsung. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dan sifat pada cat interior.

a. Cat eksterior menggunakan bahan resin yang lebih fleksibel sehingga dapat mengatasi perubahan kondisi lingkungan dan suhu.

b. Pada beberapa jenis cat eksterior tertentu ditambahkan Bahan Aditif yang bertujuan untuk membantu cat menempel pada permukaan yang kasar, menahan pudar dan jamur.

c. Bahan Aditif dan resin pada cat eksterior mengandung jumlah VOC (Volatile Organic Compounds) yang lebih tinggi dibandingkan dengan cat interior.

d. Cat eksterior menawarkan lebih sedikit pilihan variasi warna dan tekstur untuk finishing pada permukaan dan biasanya hanya tersedia dalam enamel datar, gloss dan semi-gloss.


Untuk spesifikasi lebih lengkap berikut ini merupakan tabel perbandingan kandungan antara jenis cat interior dan cat eksterior.

Karakteristik

Cat Interior

Cat Eksterior

Jenis Resin

Epoxy, Silicone

Acrylic

Daya Tahan

Sedang

Tinggi

Tingkat VOC

Rendah hingga Tanpa VOC

Tinggi hingga sedang

Ketahanan Suhu

Rendah

Tinggi

Ketahanan Kelemababan

Rendah

Tinggi

Ketahanan Cuaca

Rendah

Tinggi

Biaya

Sedang hingga tinggi

Tinggi


Pemilihan Jenis Cat Interior dan Eksterior yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa perbedaan paling mendasar antara cat interior dan eksterior yaitu pada tujuan pengaplikasian dan penggunaannya. Dimana untuk penggunaan Cat di bagian luar rumah harus mampu menahan kondisi perubahan lingkungan, suhu dan kelembaban yang ekstrim. Oleh karena jenis cat eksterior digunakan pada pengaplikasian cat yang membutuhkan ketahanan yang baik terhadap kondisi ekstrem. Sedangkan pada penggunaan cat di dalam rumah lebih ditujukan untuk kebutuhan estetika dan kenyaman karena berhubungan langsung dengan visual di dalam ruangan. Oleh karena itu jenis cat interior memiliki lebih banyak varian warna dan tekstur, selain itu pada beberapa jenis cat interior tertentu menawarkan cat yang tahan noda & goresan, mudah dibersihkan dan memiliki kandungan yang tidak mengkontaminasi udara.

Meskipun pemilihan jenis cat mungkin tampak sepele, namun kesalahan dalam penggunaan jenis cat tertentu dapat memiliki konsekuensi yang merugikan baik secara fungsional, ekonomis bahkan kesehatan. Misalnya jika cat eksterior digunakan di dalam ruangan, maka permukaan cat akan lebih rentan terhadap lecet dan goresan selain itu cat tersebut akan melepaskan lebih banyak senyawa VOC yang berbahaya jika digunakan di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk. Begitupula sebaliknya, jika cat interior digunakan untuk luar ruangan maka cat akan lebih mudah terkelupas, retak, dan memudar karena cat interior tidak dirancang untuk kondisi lingkungan yang ekstrem dan paparan matahari secara langsung.


Sekian pembahasan tentang perbedaan antara cat interior dan cat eksterior, semoga dapat menambah wawasan dan informasi bagi para pembaca.



Referensi :
https://primetimepaint.ca/
https://www.pcimag.com/
https://painttopics.com/
https://www.familyhandyman.com/
https://www.premierpainting.com.au/
https://jerryenospainting.com/

0 Response to "Perbedaan Cat Interior dan Eksterior Pada Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel