Jenis Mesin Bor Tangan dan Kegunannya

Dalam suatu pekerjaan konstruksi, mekanikal, kelistrikan, atau beberapa pekerjaan lainnya seringkali membutuhkan proses pembuatan lubang misalnya untuk memasukkan sekrup, stud, dan benda lain ke dalam objek. Pada umumnya proses pembuatan lubang tersebut membutuhkan alat bantu berupa mesin bor agar mempermudah dan menghasilkan pengerjaan yang rapih serta efisien.

Beberapa mesin bor ideal untuk pengerjaan yang lebih kecil, beberapa ideal untuk  tugas berat, dan yang lain bahkan mungkin ideal untuk penggunaan portabel. Oleh karena itu perlu untuk memilih jenis mesin bor yang tepat untuk penggunaan yang tepat sesuai dengan aplikasi pengeboran.

Pada umumnya mesin bor digunakan untuk membuat lubang atau pengeboran pada berbagai macam bahan seperti logam, kayu, beton dan lain sebagainya. Selain fungsi utamanya untuk membuat lubang, jenis mesin bor atau mata bor khusus dapat digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan seperti memperbesar lubang, menghaluskan, membuat alur dan untuk keperluan mengencangkan baut.

Salah satu jenis bor yang banyak digunakan yaitu jenis mesin bor tangan karena mobilitas dan penggunaannya yang fleksibel sehingga dapat melakukan pengeboran dengan berbagai macam posisi. Mesin bor tangan dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Berikut ini merupakan jenis-jenis mesin bor tangan.

1. Mesin Bor Standar 

Mesin Bor Standar
Mesin Bor Standar

Mesin bor standar adalah jenis mesin bor tangan yang banyak digunakan untuk keperluan pembuatan lubang secara standar tanpa disertai dengan fitur tambahan seperti daya impact dan dorongan (hammer). Jenis mesin bor ini hanya cocok digunakan untuk proses pengeboran atau pembuatan lubang pada material seperti dinding, kayu, logam dan beberapa bahan lain. 


2. Mesin Bor Impact (Impact Drill)

Mesin Bor Impact (Impact Driver Drill)
Mesin Bor Impact (Impact Driver Drill)

Mesin Bor Impact (Impact Drill) adalah mesin bor dengan fitur berupa impact atau daya torsi yang lebih besar, sehingga menghasilkan gaya putaran atau rotasi yang besar. Karena menghasilkan daya putar atau torsi yang besar, mesin bor impact banyak digunakan untuk pemasangan sekrup, baut dan pekerjaan pengencangan lainnya yang membutuhkan torsi yang besar pada putaran mesin bor.


3. Mesin bor hammer (Rotary Hammer Drill)

Mesin Bor Hammer (Rotary Hammer Drill)
Mesin Bor Hammer (Rotary Hammer Drill)

Mesin bor hammer (Rotary Hammer Drill) adalah mesin bor yang digunakan untuk proses pengeboran yang disertai dengan hantaman atau dorongan kearah lubang pada saat pengeboran. Mesin bor hammer pada umumnya digunakan untuk pengeboran pada dinding atau beton dengan kekerasan tinggi yang membutuhkan gaya tekan atau hantaman agar dapat melubangi atau menghancurkan struktur yang keras tersebut.


Itulah pembahasan tentang jenis-jenis mesin bor tangan beserta fungsi dan kegunaannya, semoga dapat menjadi referensi dan menambah wawasan bagi para pembaca.


Referensi :
https://www.housedigest.com/
https://home.howstuffworks.com/
https://medium.com/
https://www.globalspec.com/
https://www.electronicshub.org/
https://www.einhell.de/
https://www.shakedeal.com/
https://www.softschools.com/
https://www.coolblue.be/

0 Response to "Jenis Mesin Bor Tangan dan Kegunannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel