Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Struktur Anatomi Lapisan Kayu Beserta Fungsinya Pada Pohon

Kayu adalah salah satu bagian penting dari pohon dengan berbagai macam fungsi. Selain sebagai penopang utama pada pohon, selain itu kayu memiliki fungsi yang sangat vital pada pohon diantaranya yaitu menyalurkan mineral dan air dari akar menuju ke seluruh bagian pohon serta beberapa fungsi spesifik lainnya.

Terdapat berbagai jenis kayu dengan karakteristik dan ukuran yang beragam, dimana setiap jenis pohon memiliki keunikan tersendiri pada karakteristik dan sifat kayu pohon tersebut. Kayu banyak digunakan sebagai bahan material bangunan, perlengkapan rumah tangga, furniture dan lain sebagainya.

Meskipun terdapat banyak jenis kayu, namun secara umum terdiri dari struktur dan anatomi yang hampir serupa. Untuk lebih memahami bagian-bagian dan anatomi lapisan pada kayu. Berikut ini merupakan anatomi dan struktur pada batang kayu beserta fungsinya pada pohon.

Struktur Anatomi Lapisan Kayu
Struktur Anatomi Lapisan Kayu

1. Lapisan Kulit Luar Kayu (Bark)

Kulit luar adalah bagian kayu yang terletak paling luar yang berfungsi sebgai pelindung utama pada kayu dari hama, serangga dan pengaruh lingkungan luar. Selain itu kulit luar pada kayu berguna untuk mencegah penguapan pada lapisan gubal dan kambium kayu. Kulit luar pada kayu bertekstur kasar dan akan terkelupas atau tergantikan oleh bagian kulit dalam.

2. Lapisan Kulit Dalam Kayu (Inner Bark)

Kulit dalam adalah bagian pada lapisan kayu yang berada diantara kulit kayu terluar dan lapisan kambium. Lapisan kulit dalam pada kayu relatih lebih lunak dan basa dan berfungsi menyalurkan mineral atau bahan makanan yang dibutuhkan tanaman menuju ke daun atau bagian lain pada pohon.

3. Lapisan Kambium Kayu

Kambium adalah bagian pada kayu yeng terletak pada bagian dalam setelah lapisan kulit dalam yang mengitari lapisan kayu gubal. Kambium kayu berfungsi untuk membuat sel kulit kayu pada bagian luar dan sel kayu pada bagian dalam kayu.

4. Lapisan Gubal Kayu (Sapwood)

Gubal adalah  bagian pada kayu yang terletak pada lapisan antara kambium dan lapisan teras kayu. Lapisan gubal mengandung zat tepung dengan lapisan lebih tebal dan berfungsi untuk mengangkut zat makanan, mineral dan air dari akar menuju ke daun. 

5. Lapisan Teras Kayu

Teras kayu adalah bagian pada kayu yang terletak diantara lapisan gubal dan inti kayu atau lapisan hati. Lapisan teras berwarna coklat tua dan berasal dari gubal yang sudah mengeras. Lapisan teras memiliki tekstur yang keras dan berfungsi sebagai penopang pada batang atau pohon. Lapisan kayu teras banyak digunakan sebagai bahan konstruksi karena tekstur dan kekuatan yang baik sehingga cocok untuk bahan bangunan dan konstruksi.

6. Lapisan Inti/Hati Kayu (Pith)

Lapisan init atau hati kayu terletak berada tepat ditengah-tengah batang kayu. Lapisan hati kayu memiliki tekstur yang lebih lunak dan rapuh.


Sekian pembahasan tentang struktur anatomi lapisan kayu beserta fungsinya, semoga dapat menambah wawasan dan informasi bagi para pembaca.




Referensi :
Modul memahami bahan bangunan, Muh.Arafah, SMK Negeri 1 Karossa
https://woodcarvingillustrated.com/
https://www.builder.id/

Post a Comment for "Mengenal Struktur Anatomi Lapisan Kayu Beserta Fungsinya Pada Pohon"