Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Fiber Cement Board : Fungsi, Kegunaan dan Kelebihannya

Papan atau board adalah salah satu bahan yang umum dan banyak digunakan dalam bidang konstruksi bangunan dan arsitektur. Mungkin sebagian dari kita mengenal papan berupa lembaran kayu yang dipotong pipih dan memanjang. Namun saat ini penggunaan papan tidak terbatas pada material berbahan kayu namun lebih dari itu papan atau board dapat terbuat dari berbagai macam bahan material seperti gypsum, serat fiber, PVC, logam, dan beberapa bahan komposit dengan karakteristik khusus.

Salah satu board atau papan yang saat ini banyak digunakan dalam konstruksi bangunan yaitu fiber cement board. Pada artikel kali ini akan membahas seputar fiber cement board beserta kegunaan serta keunggulan dari penggunaan fiber cement board pada konstruksi bangunan.

Apa itu Fiber Cement Board ?

Fiber Cement Board
Fiber Cement Board

Papan fiber semen atau dikenal dengan Fiber cement board adalah salah satu bahan komposit yang terbuat dari paduan antara semen dan serat selulosa (fiberglass) yang dibentuk dalam lembaran atau board. Fiber cement boar dikenal karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik serta beberapa karakteristik tertentu seperti tahan terhadap air, rayap dan api. Selain itu fiber cement board merupakan bahan yang cukup versatile atau dapat digunakan pada banyak aplikasi baik interior dan eksterior misalnya seperti dinding, lantai, partisi, plafon, pagar dan beberapa kegunaan lainnya.

Komposisi Fiber Cement Board

Fiber cement board secara umum terdiri dari beberapa bahan penyusun utama yaitu serat slulosa, semen, pasir dan air. Berikut ini fungsi dan kegunaan pada masing masing bahan penyusun pada fiber cement board.

1. Serat selulosa : Serat selulosa berfungsi sebagai filler atau pengisi utama pada board.

2. Semen : Berfungsi untuk mengikat dan menyatukan bahan-bahan penyusun.

3. Pasir : meningkatkan sifat kekuatan dan ketahanan terhadap lingkungan.

4. Air : Berfunsgi untuk melarutkan dan mengeraskan semen.

5. Bahan aditif : Berupa tambahan untuk meningkatkan karakteristik dan sturktur bahan serta beberapa bahan yang digunakan untuk membantu proses.


Karakteristik Fiber Cement Board

Berikut ini beberapa karakteristik dan sifat pada bahan fiber cement board :

- Kekuatan dan ketahanan yang sangat baik

- Tahan terhadap api karena terbuat dari bahan yang tidak terbakar.

- Tahan Terhadap air sehingga dapat digunakan untuk aplikasi outdor yang berhubungan langsung dengan air.


Selain beberapa sifat diatas, fiber cement board memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu :

- Memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan board jenis lain

- Relatif lebih getas

- Menghasilkan debu ketika dipotong

- Biaya material relatif lebih mahal daripada beberapa jenis board.


Aplikasi dan Kegunaan Fiber Cement Board

Berikut ini beberapa contoh aplikasi dan penggunaan dari fiber cement board :

1. Eksternal Cladding

Fiber cement board dapat digunakan sebagai cladding eksternal karena memiliki ketahanan terhadap cuaca dan lingkungan yang sangat baik sehingga sangat cocok digunakan untuk aplikasi outdor atau luar ruangan tanpa mengalami resiko terjadinya degradasi material.

2. Bahan Pelapis (Internal dan Eksternal)

FIber cement board banyak digunakan sebagai bahan pelapis baik ekternal maupun internal. Sebagai lapisan fiber cement board dapat digunakan untuk sub lapisan plasteran atau lantai yang akan diletakan diatasnya khususnya pada area yang berkontak langsung dengan air seperti lantai kamar mandi dan dapur.

3. Dinding dan Partisi

Fiber cement board dapat digunakan sebagai dinding dan partisi dengan hasil akhir permukaan yang cukup baik serta proses pemasangan yang lebih cepat karena berbentuk lembaran atau board.





Referensi :
https://www.grcboard.com/
https://mccoymart.com/
https://vnext.in/
https://www.thespruce.com/
https://www.jameshardie.co.uk/

Post a Comment for "Mengenal Fiber Cement Board : Fungsi, Kegunaan dan Kelebihannya"