Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pengertian Sagrod dan Fungsinya Pada Rangka Atap

Dalam struktur bangunan baja (steel building) khususnya pada rangka atap baja, terdapat beberapa komponen yang berfungsi sebagai sruktur utama pada rangka atap seperti gording/purlin, kolom dan bracing. Pada suatu struktur rangka atap seringkali menggunakan sebuah batang yang berfungsi sebagai  pengikat purlin atau gording pada atap. Batang pengikat tersebut dikenal dengan sagrod atau trekstang. Jadi, apa itu sagrod ? dan apa fungsi sagrod pada rangka atap ? Berikut pemaparan lebih jelasnya.

Sagrod
Sagrod

Pengertian Sagrod

Sagrod adalah sebuah batang baja yang terpasang pada struktur rangka atap baja. Sagrod seringkali dikenal dengan istilah trekstang atau jarum gording. Pada rangka atap sagrod berperan sebagai pengikat atau penghubung antar gording. Selain digunakan pada struktur rangka atap, sagrod dapat digunakan sebagai pengikat pada rangka cladding atau dinding pada steel building.

Salah satu kelebihan penggunaan sagrod sebagai ikatan antar gording yaitutingkat kekencangan dan keselarasan antar profil gording dapat diatur dengan mengatur mur yang terpasang pada sagrod.


Fungsi dan kegunaan Sagrod

Secara fungsional sagrod digunakan sebagai penopang beban lateral (lateral support) dan dalam beberapa aplikasi, sagrod digunakan untuk sebagai penyelaras (alignment) agar gording lurus dan sejajar satu sama lain. Selain itu sagrod berfungsi mengurangi terjadinya tekukan ke samping atau memutar pada purlin.


Bentuk dan Ukuran Sagrod
Sagrod
Sagrod

Sagrod pada umumnya berupa batang baja silinder polos (round bar) dengan ulir pada masing-masing ujung sagrod dan beberapa mur yang digunakan sebagai pengikat atau pengunci gording pada rangka atap. Agar sagrod dapat ditautkan pada struktur, profil pada gording diberikan lubang sebagai tempat terpasangnya sagrod kemudian muar pada kedua sisi profil dikencangkan.

Pada umumnya ukuran sagrod yang digunakan pada rangka atap berkisar antara diameter 10mm hingga 12mm, namun tidak menutup kemungkinan menggunakan diamaeter sagrod yang lebih besar atau lebih kecil menyesuaikan dengan aplikasi pembebanan dan biaya yang dikeluarkan.


Post a Comment for "Pengertian Sagrod dan Fungsinya Pada Rangka Atap"