Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pengertian Dry Film Thickness (DFT) Dalam Painting & Coating

Suatu benda yang terbuat dari logam sangat rentan mengalami korosi jika terjadi kontak langsung dengan udara dan lingkungan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir korosi pada permukaan logam.

coating dan painting merupakan salah satu komponen yang sangat krusial dalam mencegah korosi pada permukaan logam. Fungsi utama coating dan painting yaitu untuk memberikan perlindaungan pada permukaan logam terhadap korosi.

Dalam proses coating dan painting logam terdapat beberapa faktor yang berpengaruh langsung terhadap perlindungan korosi. Salah satu aspek penting dalam coating dan painting yaitu tingkat ketebalan lapisan cat yang diaplikasikan pada permukaan logam. Oleh karena itu pentingnya memastikan ketebalan lapisan cat yang diaplikasikan memadai agar dapat memberikan perlindungan yang optimal terhadap korosi.

Dalam proses coating dan painting terdapat istilah Dry Film Thickness (DFT) dan Wet Film Thickness (WFT) yang menyatakan tingkat ketebalan lapisan cata pada permukaan logam. Peda artikel kali ini akan membahas lebih rinci seputar Dry Film Thickness (DFT).

Dry Film Thickness Coating
Dry Film Thickness (DFT)


Pengertian Dry Film Thickness (DFT)

Dry film thickness (DFT) adalah ukuran ketebalan lapisan cat atau coating yang terukur diatas permukaan benda atau substrate dalam keadaan kering (Cured). Lapisan cat yang diaplikasikan pada permukaan dapat berupa satu lapisan (single layer) atau banyak lapisan (multiple layers). DFT yang terukur merupakan total ketebalan lapisan cat yang diaplikasikan.


Kenapa Dilakukan Peengukuran DFT Pada Coating & Painting

Pengukuran Dry film thicknes atau ketebalan lapisan cat merupakan pengukuran yang sangat penting untuk melakukan pemeriksaan pada lapisan pelindung atau coating. Lapisan cat atau coating dirancang untuk melakukan fungsinya dengan optimal jika diterapkan dalam kisaran DFT yang sudah ditentukan oleh pabrikan atau standar. Ketebalan lapisan cat yang tepat dapat memastikan kualitas coating dan painting serta service life pada pelapisan atau painting.


Pengukuran Dry Film Thickness (DFT)

Dry film thickness (DFT) pada umumnya diukur menggunakan alat ukur DFT Gauge. Pengukuran DFT menggunakan DFT Gauge relatif mudah dilakukan dan dengan biaya yang rendah. Terdapat beberapa prinsip kerja yang digunakan dalam pengukuran yaitu dengan prinsip magnetic, ultrasonic atau eddy current tergantung dari jenis benda yang di coating (substrat).

Satuan unit yang terukur pada Dry film thickness pada umumnya menggunakan satuan micro-meters (μm). Sebagai informasi ukuran 1μm sama dengan 1/1000 mm.


Standar Referensi Dry Film Thickness (DFT)

Dalam menentukan ukuran ketebalan lapisan cat pada permukaan logam, berikut ini merupkan beberapa standar yang dapat digunakan sebagai acuan dan referensi dalam menentukan ketebalan, kriteria dan pengukuran DFT pada painting.

1. ASTM D1005

2. ASTM D7091-21

3. ISO 19840, 2808, 2178

4. AS 3894.3

5. BS 3900 Part C5

6. SIS 184160

7. SSPC (PA-2)

8. IMO PSPC


Sekian pembahasan mengenai Dry film thickness (DFT) pada lapisan coating dan painting, semoga dapat menambah informasi dan referensi bagi para pembaca.


Referensi :
https://duluxpowders.com.au/
https://www.corrosionpedia.com/
https://www.elcoblast.com/
https://www.elcometer.com/
https://id.scribd.com/

Post a Comment for "Pengertian Dry Film Thickness (DFT) Dalam Painting & Coating"