Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pengertian Pipe Spool Pada Fabrikasi Pipa

Dalam sistem perpipaan istilah pipe spool sudah sering kita dengar atau bahkan sangat familiar, khususnya pada proses fabrikasi dan instalasi sistem perpipaan industri minyak, gas, petrokimia dan beberapa industri lainnya.

Jadi apa itu pipe spool ?, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang pengertian pipe spool pada fabrikasi sistem perpipaan.

Pengertian Pipe Spool

Pipe spool adalah bagian (section) pada sistem perpipaan yang terbagi menjadi beberapa bagian pipa dengan komponen yang terpasang pada pipa (fitting) seperti flange, elbow, reducer dll.

Pipe Spool
Pipe Sool Fabrikasi


Fungsi dan Tujuan Pre Fabrikasi Pipe Spool

Prefabrikasi pipe spool dilakukan diluar site atau workshop untuk mengurangi waktu pemasangan pipa agar instalasi dilapangan dapat dilakukan secara efisien, sehingga dapat mengurangi biaya dan waktu pada saat pemasangan pipa di lapangan (site installation).


Proses Fabrikasi Pipe Spool

Pipe spool di fabrikasi menggunakan material pipa dan fitting (flange, elbow, reucers, dll). Proses manufaktur pda fabrikasi pipe spool diantaranya yaitu cutting, welding, bevelling dan berbagai macam proses fabrikasi lainnya.

Material pipa akan dilakukan proses pre fabrikasi dengan ukuran panjang yang telah ditentukan sesuai dengan gambar atau desain aktual yang akan terpasang di lapangan, sehingga dapat sesuai dengan fitting dan komponen lain di lapangan. 

Proses fabrikasi pipe spool dan komponen lainnya dilakukan oleh vendor atau fabricator dengan infrastruktur yang sesuai dengan standar dan kualifikasi dalam proses fabrikasi pipe spool. Oleh karena itu proses fabrikasi pipe spool merupakan tahap yang harus dilakukan dengan presisi untuk meminimalisir kesalahan agar pipa dan komponen lainnya memiliki dimensi yang akurat dan dapat terpasang dengan akurat pada saat installasi di lapangan.

Pipe spool rentan mengalami korosi karena terekspos langsung dengan lingkungan sekitar dan kontaminan selama proses fabrikasi.  Pencegahan korosi yang memadai dan monitoring harus dilakukan dengan baik sebelum proses pemasangan sambungan pipa di site atau lapangan.



Referensi :
https://www.linkedin.com/
https://www.nan-steel.com/
https://www.stevensec.com/

Post a Comment for "Pengertian Pipe Spool Pada Fabrikasi Pipa"