Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Jenis Cable Tray Beserta Fungsinya

Kabel merupakan benda yang sudah sering kita temukan dalam berbagai macam tempat, mulai dari perangkat elektronik di rumah, kabel tenaga pada industri, hingga kabel jaringan listrik dan telekomunikasi yang terbentang jauh dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Namun, salah satu masalah yang banyak ditemui yaitu pemasangan kabel yang tidak tertata dengan rapih dan saling terbengkalai apalagi jika terdapat banyak kabel dalam satu tempat yang dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan yang kompleks baik dalam hal keamanan maupun dalam perawatannya jika terjadi kerusakan atau kendala.

Oleh karena pemasangan kabel harus dilakukan secara aman dan terpasang rapih untuk memudahkan pemasangan dan perawatan serta memastikan keamanan pada jaringan kabel tersebut. Untuk memastikan kabel terpasang dengan aman dan rapih maka digunakan komponen berupa cable tray. Secara umum cable tray banyak digunakan dalam pemasangan dan installasi kabel agar susunan kabel terpasang dengan aman tanpa menganggu jaringan kabel yang lain. Jadi, apa itu cable tray ? untuk lebih memahaminya berikut penjelasan mengenai kabel tray beserta fungsinya pada instalasi kabel.


Pengertian dan Fungsi Cable Tray

Cable tray adalah komponen pendukung pada instalasi kabel yang digunakan sebagai jalur instalasi kabel agar terpasang dengan aman dan tersusun rapih tanpa mengganggu kabel lainnya. Saat ini sistem cable tray sudah menjadi bagian penting dan hampir selalu digunakan pada bidang industri dan konstruksi karena menawarakan solusi yang cepat, aman dan ekonomis pada instalasi kabel.

Fungsi dan tujuan utama penggunaan cable tray yaitu sebagai jalur untuk merutekan kabel yang terpasang sesuai dengan fungsi pada masing-masing kabel, selain itu cable tray berfungsi untuk melindungi kabel dari beberapa gangguan eksternal seperti hantaman, gesekan, tekukan dan beberapa gangguan eksternal pada kabel lainnya sehingga kabel terlindungi dengan aman.


Jenis Cable Tray

Memahami jenis kabel yang akan terpasang, kondisi aktual dan seberapa panjang bentang kabel adalah hal penting untuk menentukan jenis cable tray yang akan digunakan. Oleh karena itu perlunya memahami jenis-jenis cable tray agar memastikan jenis cable tray yang digunakan sesuai dengan jenis kabel, aplikasi dan kondisi aktual pemasangan kabel. Berikut, jenis-jenis cable tray tersebut :

1. Cable Tray Ladder

Ladder Cable Tray
Ladder Cable Tray

Cable tray jenis ladder memiliki bentuk anak tangga dengan dua buah profil pada masing-masing sisi (side) dan profil yang melintang idantara dua sisi tray (rung) dengan jarak 6, 9, 12 & 18 inci. Kabel tray ladder memungkinkan aliran udara yang bebas melintasi kabel , sehingga panas yang dihasilkan oleh kabel selama proses pengoperasian dapat tersirkulasi dengan baik. Selain itu Cable tray ladder memungkinkan kabel terpasang pada bagian atas atau bawah Cable tray.

2. Cable Tray Solid Bottom / Plain

Solid Cable Tray
Solid Cable Tray

Cable Tray jenis Solid Bottom umumnya digunakan pada aplikasi kabel listrik dan telekomunikasi yang menghasilkan panas minimum karena bentuknya yang solid atau pejal tanpa adanya lubang atau sirkulasi udara pada kabel didalam tray. Namun, salah satu tujuan utama penggunaan Cabel tray jenis solid bottom yaitu perlindungan terhadap interferensi elektromagnetik dan frekuensi radio pada kabel dengan sensitivitas tinggi.

3. Cable Tay Perforated

Perforated Cable Tray
Perforated Cable Tray

Cable tray jenis preforated terdiri dari banyak lubang ventilasi udara pada bagian samping dan bawah kabel tray. Lubang-lubang ventilasi tersebut memungkinkan kabel dapat melepaskan panas dengan baik selama operasi. Selain itu lubang pada tray memungkinakan cable tray terbebas dari debu yang menumpuk dan genangan air. Cable tray jenis perforated ideal untuk instalasi kabel power dengan beban yang tinggi.

4. Cable Tray Wire Mesh

Wiremesh Cable Tray
Wiremesh Cable Tray

Cable tray jenis wiremesh pada umumnya digunakan pada kabel dengan tagangan rendah dan banyak digunakan pada aplikasi kabel serat optik dan telekomunikasi.


Material yang digunakan pad Cable Tray

Selain terdiri dari beberap jenis, cable tray dapat terbuat dari beberapa jenis bahan atau material yang disesuaikan dengan jenis kabel dan aplikasi penggunaannya. Berikut ini beberapa jenis material yang digunakan pada cable tray.

1. Aluminium

Cable tray dengan material Aluminium sering digunakan karena rasio kekuatan-terhadap-beratnya yang tinggi, ketahanan  korosif yang baik, dan kemudahan dalam pemasangan.

2. Baja

Cable tray dengan material baja dibuat dari baja struktural dengan kekuatannya yang relatif tinggi dan biaya yang rendah.  Beberapa kerugian dalam penggunaan baja yaitu berat yang tinggi dan rentan terhadap korosi.

3. Stainless Steel

Cable tray dengan material stainless steel menawarkan kabel tray dengan kekuatan yang tinggi serta tahan terhadap korosi. Namun biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan material stainless cukup tinggi.



Referensi :
https://www.cmwltd.co.uk/
https://www.cabletrays.org/
https://www.theelectricalcontractors.org/
https://instrumentationtools.com/
https://www.plantengineering.com/articles/
https://www.cabletraycompany.com/
https://www.tpcwire.com/

Post a Comment for "Jenis Cable Tray Beserta Fungsinya"