Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Proses Knurling Dalam Permesinan (Bubut Kartel)

Pengertian Knurling dan Fungsinya

Proses Knurling adalah proses pembentukan pola pada permukaan benda kerja untuk menghasilkan permukaan yang kasar dan bergerigi pada benda kerja. Proses Knurling dikenal juga dengan kartel atau proses bubut kartel dalam permesinan.

Proses knurling memiliki fungsi dan tujuan untuk menghasilkan permukaan yang kasar pada benda kerja sehingga meningkatkan daya genggam (grip) benda kerja ketika dipegang dan meminimalisir terjadinya slip atau benda kerja terlepas ketika dipegang. Proses knurling dilakukan pada bagian pegangan, handle, grip atau bagian tertentu yang membutuhkan kekasaran pada permukaan benda kerja.

Proses Knurling dalam Permesinan
Proses Knurling dalam Permesinan

Knurling termasuk kedalam proses finishing karena sebagian besar dilakukan pada proses akhir pada permesinan sebelum benda kerja benar-benar dapat digunakan. Dalam proses machining atau permesinan knurling pada umumnya dilakukan pada proses pembubutan dengan menggunakan tools atau pahat khusus untuk knurling. Benda kerja yang dapat di lakukan proses knurling pada umumnya berbentuk silinder atau tabung.

Selain fungsi utamanya untuk meningkatkan grip atau genggaman pada permukaan benda kerja, selain itu proses knurling juga meningkatkan nilai estetika pada permukaan benda kerja dengan berbagai macam variasi pola knurling yang dihasilkan.


Jenis-Jenis Profil Knurling

Dalam proses knurling terdapat beberapa jenis profil atau bentuk tekstur permukaan yang dihasilkan. Berikut ini merupakana jenis-Jenis Profil atau tekstur permukaan pada proses Knurling.

1. Straight Knurling (Knurling Lurus)

Straight Knurling

2. Diamond Knurling (Knurling Diamond)

Diamond Knurl

3. Right Hand Knurling (Knurling Diagonal Kanan)

Right Hand Knurl

4. Left Hand Knurling (Knurling Diagonal Kiri)

Left Hand Knurl


Ukuran Pitch Knurling

Selain dibedakan berdasarkan bentuk atau pola yang dihasilkan, salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu besarnya pitch pada mata pahat knurling. Secara umum pitch pada proses knurling dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :

Ukuran Pitch Knurling

- Fine (Pitch Knurling Halus)

- Medium (Pitch Knurling Sedang)

- Course (Pitch Knurling Kasar)


Jenis Pahat Knurling

Pahat knurling dapat dirancang berbeda namun secara umum memiliki fungsi dan penggunaan yang sama. Terdpat dua jenis pahat knurling yaitu Knuckle joint dan Revolving head :

1. Knuckle Joint Knurling

Knuckle Joint Knurling

Pahat knurling jenis knuckle joint terdiri dari sepasang roll tunggal dalam satu ukuran pitch.


2. Revolving Head Knurling

Revolving Head Knurling

Pahat knurling revolving head terdiridari tiga pasang rol mata pahat dengan ukuran pitch yang berbeda pada masing-masing pasang rol. Pada pahat revolving head ukuran pitch dapat diubah tanpa harus mengubah posisi pengaturan pahat.


Metode Knurling

Dalam proses knurling terdapat dua cara yang dapat dilakukan yaitu proses knurling dengan menggunakan mesin (machine knurling) dan knurling yang dilakukan secara manual dengan tangan (hand knurling).

1. Machine Knurling

Machine knurling adalah proses knurling yang dilakukan menggunakan mesin bubut. Tekstur dan pola yang dihasilkan lebih rata dan konsisten karena putaran mesin yang stabil. 

2. Hand Knurling

Hand Knurling adalah cara atau metode paling dasar dalam proses knurling yang dilakukan dengan menggunakan pahat knurling yang ditekan secala manual sepanjang permukaan benda kerja yang diinginkan. Salah satu kekurangan utama pada proses knurling manual yaitu hanya dapat digunakan pada material yang relatif lunak.


Proses Knurling Pada Mesin Bubut

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses knurling.

1. Sebelum dilakukan proses knurling, perlunya menentukan titik awal dan akhir pada benda kerja yang akan di knurling.

2. Dalam proses knurling kecepatan putar spindle atau RPM menggunakan putaran yang rendah berkisar antara 60 - 80 rpm dengan kedalaman feed 0.04-0.08mm.

3. Selain itu hal yang perlu diperhatikan yaitu pastikan pahat knurling terpasang dengan tepat dengan axis atau sumbu pahat knurling tepat pada center terhadap benda kerja.

4. Sebelum dilakukan proses knurling perlu untuk memebrikan pelumas pada knurling tools dan benda kerja.



Referensi :
https://www.theengineerspost.com/
https://meccanicavga.com/
http://colnet.ddns.net/
https://monroeengineering.com/

Post a Comment for "Mengenal Proses Knurling Dalam Permesinan (Bubut Kartel)"