Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Perbedaan Grade Material A36 dan SA36 Pada Baja Karbon

Dalam industri manufaktur dan konstruksi terdapat beberapa standar yang digunakan sebagai acuan dalam pemilihan material. Salah satu dari beberapa standar yang paling umum digunakan yaitu standar ASTM (American Society for Testing and Materials) dan Standar ASME (American Society for Mechanical Engineers). Pada kedua standar tersebut terdapat beberapa standar grade material yang equivalent atau bahkan dapat menggantikan grade tertentu jika dapat memenuhi persyaratan teknis.


Salah satu dari beberapa grade material baja yang banyak digunakan yaitu grade A36 dan SA36. Adapun kedua grade tersebut seringkali dianggap equivalent atau dapat menggantikan grade yang lain karena memiliki karakteristik yang hampir serupa dengan perbedaan minor. Meskipun dalam beberapa aplikasi dan penggunaan tertentu kedua grade tersebut tidak dapat menggantikan satu sama lain.


Perbedaan ASTM A36 dan ASME SA36

Baja karbon A36 adalah standar grade material baja karbon yang mengacu pada standar ASTM (American Society for Testing and Materials), sedangkan SA36 adalah standar grade material baja karbon yang mengacu pada standar ASME (American Society for Mechanical Engineers).

ASTM A36 dan SA36 memiliki karakteristik yang hampir serupa satu sama lain meskipun tidak identik. Meskipun pada kedua grade tersebut memiliki perbedaan yang minor karena kriteria pada masing-masing standar.


ASTM A36 standar meliputi material baja karbon yang digunakan dalam penggunaan konstruksi secara umum. Sedangkan pada standar ASME menerbitkan standar dan design codes untuk aplikasi bertekanan. Standar ASME pada umumnya didasarkan pada standar ASTM yang sesuai.

Perbedaan antara ASTM A36 dan ASME SA36 yaitu terkait dengan ASME Boiler dan Pressure Vessel Code material. Jika material menggunakan standar SA maka material tersebut memenuhi  persyaratan pada ASME Boiler and Pressure Vessel Code Bagian II, sehingga material memenuhi persyaratan yang berlaku pada standar ASME. Sedangkan pada ASTM A36 meskipun memiliki karakteristik dan hampir serupa namun belum memenuhi standar ASME jika digunakan pada aplikasi yang mewajibkan tekanan kerja tinggi seperti pada boiler atau pressure vessel.


Apakah A36 dapat Menggantikan SA36 ?

Dalam beberapa kasus material A36 dapat menggantikan SA36 dengan pertimbangan biaya dan ketersedian di market jika dianggap memenuhi syarat teknis perancangan dan masih aman digunakan. Namun dalam beberapa penggunaan tertentu seperti pada pressure vessel dan boiler yang mewajibkan penggunaan SA36 maka material A36 tidak dapat digunakan karena mengacu pada tekanan kerja dan faktor keamananan.


Aplikasi dan Kegunaan Materal A36 dan SA36

Material A36 (ASTM) dan SA36 (ASME) merupakan grade baja lembaran (plate) yang digunakan secara luas dalam bidang konstruksi dan manufaktur karena karakteristiknya yang kuat, mudah dilas dan dilakukan machining. Baik material A36 dan SA36 memiliki berbagai macam ukuran dimensi dan bentuk yang banyak dijual di pasaran, namun yang paling sering digunakan yaitu dalam bentuk baja lembaran atau plate.

Seperti sudah dijelaskan diatas kedua material tersebut banyak digunakan secara luas dalam bidang konstruksi. Berikut ini beberapa aplikasi dan penggunaan material A36 dan SA36 :

Penggunaan Material A36
- Jembatan
- Struktur Bangunan
- Storage Tank
- Tower
- Peralatan Konstruksi
- Dll.

Penggunaan Material SA36
- Mencakup seluruh aplikasi penggunaan material A36
- Boiler
- Pressure Vessels.


Itulah ringkasan pembahasan mengenai perbedaan grade material ASTM A36 dan SA36 pada baja karbon. Semoga dapat menambah referensi bagi para pembaca. Terimakasih sudah membaca.




Referensi :
https://sciencing.com/
https://www.kloecknermetals.com/
https://www.csecplates.com/blog/
https://www.linkedin.com/

Post a Comment for "Perbedaan Grade Material A36 dan SA36 Pada Baja Karbon"