Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Gasket Dalam Sambungan Flange Pipa

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Gasket Dalam Sambungan Flange Pipa

Dalam berbagai jenis sambungan pipa kebocoran merupakan suatu hal yang sangat merugikan karena mempengaruhi proses penyaluran fluida di dalam pipa dan merupakan indikator utama sambungan pipa yang tidak terpasang dengan baik.

Selain merugikan secara proses penyaluran fluida, terjadinya kebocoran dapat menyebabkan berbagai macam insiden fatal jika fluida yang disalurkan baik cairan maupun gas termasuk kedalam bahan kimia berbahaya atau mudah terbakar.

Untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya kebocoran (leakage) khususnya pada sambungan flange, maka digunakan gasket untuk memberikan segel (seal) diantara flange. Untuk lebih jelas memahami tentang fungsi dan kegunaan gasket, berikut akan dijelaskan tentang fungsi dan kegunaan gasket pada sambungan flange pipa.


Pengertian Gasket

Dalam sambungan antar pipa yang menggunakan sambungan flange, gasket merupakan salah satu komponen dasar yang digunakan pada sambungan tersebut. Penggunaan gasket pada sambungan flange tersebut tentunya memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Jadi, apa itu gasket ?

Gasket adalah komponen segel mekanis yang terpasang diantara dua permukaan sambungan flange. Gasket secara umum digunakan untuk menciptakan penyegelan (sealing) antara kedua permukaan flange untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kebocoran pada sambungan flange akibat proses aliran fluida dan tekanan, baik tekanan internal maupun eksternal.


Fungsi Gasket Pada Sambungan Flange

Fungsi gasket pada sambungan flange pipa adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada sambungan  Gasket pada sambungan flange harus mampu menjaga sambungan flange tersegel dengan baik tanpa terjadi kebocoran pada sambungan khususnya dalam kondisi pengoperasian sistem termasuk tekanan fluida ekstrem dan temperatur yang tinggi. Berikut ini fungsi utama gasket pada sambungan flange yaitu :

1. Mengisi Celah Permukaan Flange yang Tidak Rata

Gasket berfungsi untuk mengisi permukaan flange yang tidak rata. Pada umumnya gasket terbuat dari material yang lebih lunak daripada flange, oleh karena itu ketika gasket ditekan maka akan terdeformasi dan mengisi permukaan flange yang tidak rata.

2. Mengatasi Ketidakselarasan antar Sambungan Flange

Gasket berfungsi untuk mengatasi ketidakselarasan (misalignment) antara sambungan flange yang dapat menyebabkan kebocoran pada sambungan. Misalignment pada sambungan flange dapat terjadi akibat pengaruh gaya eksternal maupun terjadi selama proses.


Karakteristik gasket Pada Flange

Agar dapat berfunsgi dengan baik gasket pada sambungan flange harus memenuhi beberapa karakteristik. Berikut ini beberapa karakteristik gasket secara umum.

1. Material gasket menggunakan material yang lunak (soft) sehingga dapat dikompres atau ditekan oleh kedua permukaan flange.

2. Gasket harus kedap cairan dan gas sehingga tidak menyebabkan kebocoran atau emisi.

3. Gasket tidak mengalami creep ketika dalam pengaruh tekanan dan temperatur yang tinggi. Creep pada gasket dapat menyebabkan tekanan baut yang menurun dan dapat menyebabkan kebocoran.

4. Gasket harus memiliki ketahan yang baik terhadap efek statis dan dinamis yang disebabkan oleh temperatur dan tekanan.

5. Gasket harus dapat menahan tekanan internal tanpa terjadi kebocoran.

6. Gasket harus mampu bekerja dengan baik ketika terjadi kenaikan temperatur.

7. Gasket harus tahan terhadap cairan kimia yang mengalami kontak secara langsung dengan gasket.


Standar dan Code Gasket Pada Sambungan Flange

Berikut ini merupakan standar dan code gasket yang secara umum digunakan  sebagai acuan design gasket pada sambungan flange dan perpipaan.

1. Standar ASME B16.21 Non-metallic flat gaskets untuk pipe flanges.

2. Standar ASME B16.20 Metallic Gaskett untuk steel pipe flanges, Ring Joint, Spiral Wound and Jacketed.

3. Standar BS 3381 untuk Gasket Spiral Wound pada Flange BS 1560.

4. Standar IS2712 untuk Gasket compressed Asbestos fiber jointing.




Referensi : 
https://whatispiping.com/
https://www.uniklinger.com/blog-detail/
https://trianglefluid.com/
https://www.theprocesspiping.com/
https://hardhatengineer.com/
https://www.steelpipesfactory.com/

Post a Comment for "Mengenal Fungsi dan Kegunaan Gasket Dalam Sambungan Flange Pipa"