Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pipa Seamless : Pengertian, Karakteristik, Standar dan Kegunaannya

Pipa Seamless

Pengertian Pipa Seamless

Seperti namanya, Pipa seamless adalah pipa tanpa sambungan atau las. Pipa baja seamless dibuat dari sebuah "billet" baja bulat padat yang dipanaskan kemudian ditarik atau didorong melalui sebuah bentuk hingga membentuk pipa berongga. Pipa berongga tersebut kemudian diekstrusi mengurangi diameter luar dan memperluas diameter dalam pipa.

Pipa seamless dianggap lebih unggul daripada pipa las (welded) karena dibuat dengan proses manufaktur intrinsik tanpa sambungan las, sehingga menambah kekuatan dan karakteristik lainnya termasuk ketahanan terhadap korosi. Pipa seamless lebih efektif dalam menahan tekanan mekanik tinggi dan memiliki tekanan operasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pipa non seamless atau pipa welded. 


Aplikasi dan Kegunaan Pipa Seamless

Dibandingkan dengan pipa non seamless, pipa baja seamless memiliki ketahanan mekanik yang tinggi. Oleh karena itu pipa seamless mampu menahan tekanan fluida yang lebih tinggi sehingga banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi fluida bertekanan tinggi termasuk pada kilang minyak, boiler, silinder hidrolik, industri Petrokimia serta infrastruktur pada minyak dan gas.


Karakteristik dan Sifat Pipa Seamless

1. Pipa seamless mampu menahan tekanan mekanik yang lebih tinggi dan temperatur operasi yang lebih tinggi

2. Memiliki tingkat presisi yang lebih tinggi.

3. Weldability yang tinggi dan kemampuan kompresi yang tinggi.

4. Pipa seamless dengan penampang khusus yang diproses dengan metode cold-drawn secara luas diterapkan dalam industri petrokimia, boiler, otomotif, mekanik, konstruksi.


Keunggulan dan Kelebihan Pipa Seamless

Pipa seamless meningkatkan rating tekanan pada pipa. Sambungan las pada pipa welded merupakan titik paling lemah untuk menahan tekanan fluida. Sedangkan pada pipa seamless tidak ada sambungan las pada pipa, sehingga memungkinkan seluruh bagian pada pipa memiliki kekuatan yang seragam pada seluruh lingkar pipa. Oelh karena itu dengan ukuran diameter yang sama, pipa seamless lebih mampu mengatasi tekanan fluida yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pipa welded atau sambungan las.


Standar Grade Pipa Seamless

Untuk dapat mememnuhi kualitas dan memiliki keseragaman seperti pada kebanyakan jenis material lainnya pipa seamless memiliki beberapa standar yang diakui secara universal dan dijadikan sebagai standar acuan dalam menentukan  grade pada pipa seamless berdasarkan aplikasi dan penggunaannya berikut standar acuan yang digunakan pada pipa seamless.

1. ASTM Standard seamless steel pipe

ASTM Standard seamless steel pipe

2. API Standard seamless steel pipe

API Standard for seamless steel pipe

3. DIN / EN Standard seamless steel pipe

DIN EN Standard for seamless steel pipe


Proses Manufaktur Pembuatan Pipa Seamless

Proses pembuatan pipa seamless pada dasarnya adalah satu potongan baja homogen yang padat (Billet). Baja atau Billet padat tersebut dipanaskan dan kemudian ditarik menggunakan serangkaian mandrel hingga pipa mencapai diameter dan ketebalan dinding pipa yang diinginkan.

Secara umum terdapat dua proses yang dapat digunakan dalam proses manufaktur pipa seamless yaitu dengan proses rolling dingin (Cold Rolled) dan Rolling Panas (Hot-Rolled). Berikut ini merupakan alur proses produksi dan manufaktur pipa seamles :

1. Pipa Seamless dengan Proses Hot-Rolled

- Persiapan dan inspeksi raw material pipa

- Pemanasan awal raw material pipa.

- Pengeboran

- Penggerollan pipa

- Pemanasan ulang pipa (reheating)

- Mengurangi diameter

- Perlakuan panas

- Penyempurnaan pipa yang telah selesai (finishing)

- Inspeksi / Quality Control


2. Pipa Seamless dengan Proses Cold-Rolled

- Persiapan dan inspeksi raw material pipa

- Pembersihan dan pelumasan

- Proses Cold-rolling (penarikan)

- Perlakuan panas

- Penyempurnaan ukuran dan dimensi pipa

- Penyelesaian (finishing)

- Inspeksi / Quality Control




Referensi :

https://www.permanentsteel.com/
https://www.ctadvance.co.id/
https://www.supplychainquarterly.com/
https://www.sciencedirect.com/
https://www.steelpipesfactory.com/

Post a Comment for "Pipa Seamless : Pengertian, Karakteristik, Standar dan Kegunaannya"