Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pengertian OSBL (Outside Battery Limits) dan ISBL (Inside Battery Limits) Pada Capital Cost Plant Project

Pengertian OSBL (Outside Battery Limits) dan ISBL (Inside Battery Limits) Pada Capital Cost Plant Project

Menentukan biaya modal atau capital cost memiliki signifikansi yang penting dalam menentukan keberlanjutan ekonomi pada suatu pabrik atau process plant secara menyeluruh. Selain harga pembelian peralatan, beberapa cakupan biaya modal meliputi pengiriman dan instalasi peralatan, persiapan lahan untuk konstruksi, gaji pekerja konstruksi dan kontraktor, serta biaya-biaya lain yang terkait dengan pembangunan sebuah process plant.

Investasi modal tetap (fixed capital investment) merupakan total biaya yang terkait dengan project pembangunan pabrik atau plant. Biaya ini mencakup beberapa aspek, seperti desain, remediasi lokasi, pembelian peralatan proses, pengembangan infrastruktur, dan biaya kontingensi. Investasi modal tetap juga mencakup biaya bahan baku dan tenaga kerja yang dibutuhkan selama proses pembangunan pabrik. Terminologi yang sering digunakan dalam fixed capital investment pada suatu project yaitu OSBL (Outside Battery Limits) dan ISBL (Inside Battery Limits).

Jadi, apa itu OSBL dan ISBL ? Apa perbedaan OSBL dan ISBL ?. Berikut penjelasannya.


ISBL (Inside Battery Limits) Costs

ISBL (Inside Battery Limits) Costs adalah total biaya langsung yang berhubungan dengan proses produksi utama (main process) dalam suatu plant. Biaya ISBL meliputi biaya pembelian dan pengiriman peralatan, biaya persiapan lahan, infrastruktur dan bahan lain yang diperlukan untuk pengoperasian plant ataupun konstruksi secara langsung. Biaya ISBL juga mencakup biaya yang terkait dengan legalitas konstruksi pabrik, seperti perizinan, asuransi, atau sewa peralatan meskipun hal tersebut tidak diperlukan setelah pabrik beroperasi.

ISBL sering diartikan sebagai biaya "dalam" plant, yaitu biaya yang berkaitan dengan pembangunan plant itu sendiri, mulai dari pengeluaran bahan mentah hingga pengiriman produk akhir. Semua biaya yang terkait dengan pembangunan pabrik dianggap sebagai biaya ISBL. Penting untuk memperkirakan biaya ISBL karena biaya lainnya sering dihitung berdasarkan hasil dari biaya ISBL, oleh karena itu nilai estimasi perhitungan biaya ISBL harus semaksimal mungkin akurat.


OSBL (Outside Battery Limits) Costs

OSBL (Outside Battery Limits) adalah biaya di luar plant yang meliputi pengembangan plant dan fasilitas pendukung tambahan yang tidak berkaitan secara langsung dengan proses utama pada plant. Biaya ini terkait dengan pengembangan di luar plant yang diperlukan agar plant dapat beroperasi atau meningkatkan produktifitas yang ada. Biaya OSBL meliputi utilitas, kantor, saluran pembuangan, peralatan pemadam kebakaran dan darurat, laboratorium, pagar, keamanan, dan fasilitas karyawan. Meskipun tidak langsung terkait dengan proses produksi, biaya ini sangat penting dan kritis sehingga harus dibuat sebagai bagian dari biaya OSBL.

Perkiraan awal biaya OSBL dapat dihitung sebagai persentase dari biaya ISBL jika sedikit informasi yang tersedia, dengan menggunakan aturan praktis 40% dari biaya ISBL. Kemudian setelah informasi terperinci seperti lokasi dan tata letak plant sudah diketahui, maka biaya OSBL dapat dihitung dengan lebih akurat menggunakan metode yang mirip dengan perhitungan biaya ISBL.

Post a Comment for "Pengertian OSBL (Outside Battery Limits) dan ISBL (Inside Battery Limits) Pada Capital Cost Plant Project"