Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Proses Leaching Pada Hydrometallurgy

Proses Leaching Pada Hydrometallurgy

Pengertian Proses Leaching

Leaching merupakan suatu proses ekstraksi mineral atau senyawa terlarut dari bahan padat melalui pelarutan dalam suatu cairan atau pelarut, yang dapat terjadi secara alami ataupun melalui proses industri. Leaching merupakan faktor penting dalam proses hydrometallurgy.

Proses Leaching sering kali digunakan dalam metalurgi ekstraktif pada emas, dimana pada proses leaching terjadi pelarutan mineral tertentu dari bijih atau konsentrat atau pelarutan pada bahan-bahan tertentu seperti kalsin, matte, campuran limbah logam, lumpur anoda, dll.


Metode Leaching Pada Hydrometallurgy

1. In situ leaching

Metode hidrometalurgi yang disebut in situ leaching digunakan untuk mendapatkan material berharga seperti tembaga dan uranium langsung dari tubuh bijih bawah tanah.

2. Heap leaching

Heap leaching adalah metode hidrometalurgi yang digunakan untuk mengekstraksi logam atau zat terlarut dari tumpukan bijih yang memiliki kadar rendah. Tumpukan bijih tersebut diletakkan di atas lapisan kedap air, biasanya terbuat dari aspal, dan dirancang atau diatur untuk memaksimalkan kondisi leaching.

3. Dump Leaching

Metode hidrometalurgi yang disebut dump leaching dilakukan pada material off-grade (kadar rendah) yang sudah dibuang saat proses penambangan normal dan ditempatkan di tempat pembuangan besar (dump).

4. Precious metal leaching

Precious metal leaching merupakan proses yang lebih kompleks dan sulit karena bijihnya bersifat refraktori. Hal ini mengakibatkan tingkat recovery logam yang rendah apabila dilakukan leaching secara langsung. Oleh karena itu, bijih perlu diproses terlebih dahulu melalui metode pretreatment seperti roasting, pressure leaching, atau bioleaching sebelum dilakukan proses leaching.

5. Bioleaching

Bioleaching adalah metode hidrometalurgi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk mengekstraksi logam dari mineral padat melalui larutan. Proses ini melibatkan perubahan sifat mineral oleh mikroorganisme sehingga logam dapat dilarutkan dalam larutan yang dilewatkan di atas material. Setelah itu, logam dapat diekstraksi dari larutan tersebut.

6. Agitated Leaching (Gold Ore)

Agitated Leaching untuk Bijih Emas dilakukan dengan melarutkan padatan pada konsentrasi 40-50% dalam bentuk slurry yang diaduk, dan tambahan oksigen diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses leaching emas. Proses leaching juga dikombinasikan dengan proses konsentrasi menggunakan partikel karbon aktif berukuran 1-5 mm.


Tahapan Reaksi Pada Proses Leaching

Leaching adalah proses heterogen yang melibatkan tiga tahapan reaksi diantaranya yaitu :

1. Proses leaching dimulai dengan difusi pelarut melalui pori-pori partikel padat, diikuti oleh keluarnya zat terlarut setelah terlarut.

2. Reaksi kimia terjadi di tempat reaksi pada partikel tersebut.

3. kemudian zat terlarut diangkut dalam pelarut menjauh dari permukaan partikel.


Faktor yang Mempengaruhi Leaching

Faktor-faktor yang mengontrol laju proses leaching dari ketiga tahap di atas yaitu meliputi :

- Suhu

- Agitasi

- Konsentrasi pelarut

- Ukuran partikel

- Waktu leaching

- pH

Untuk mendapatkan hasil yang efisien dan hemat biaya dalam pemulihan logam atau zat terlarut, sangat penting untuk menggunakan pelarut yang sesuai dan menjaga kondisi operasi yang optimal. Selain air yang digunakan untuk melarutkan sulfat atau klorida yang mudah larut, banyak pelarut lain yang dapat digunakan dalam proses leaching.


Logam yang umumnya dilakukan proses Leaching

Berikut ini merupakan beberapa contoh logam yang umumnya dilakukan proses Leaching yaitu :

1. Logam yang ditemukan secara alami dalam bentuk murni, seperti Au, Ag, Platinum, Cu.

2. Logam yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari proses metalurgi, seperti Au, Ag, Pt, Se.

3. Logam yang dihasilkan melalui reduksi oksida logam, seperti Cu dan Ni.




Referensi :
Gupta, C.K. 1990. Hydrometallurgy in Extraction Processes Vol 1
Kulkarni, Sunil J. 2015. A Review on Studies and Research on Various Aspects of Leaching.
https://nitsri.ac.in/
https://blog.emew.com/
https://www.911metallurgist.com/

Post a Comment for "Proses Leaching Pada Hydrometallurgy"