Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Perbedaan Gaya Sentrifugal dan Gaya Sentripetal Dalam Fisika Mekanika

Gaya diperlukan untuk membuat suatu objek bergerak, dan gaya bertindak secara berbeda pada objek tergantung pada jenis gerakan yang berlaku pada objek tersebut. Gaya sentrifugal dan gaya sentripetal adalah dua konsep dalam ilmu fisika yang berhubungan dengan gerakan benda dalam gerak lingkaran. Meskipun sekilas terdengar serupa, namun kedua gaya tersebut memiliki pengertian dan konsep yang berbeda.

Gaya sentrifugal dan gaya sentripetal merupakan fenomena fisika yang terjadi pada objek yang mengalami gerakan rotasi. Gaya sentripetal bertanggung jawab dalam menjaga objek agar tetap bergerak dalam lintasan melingkar dan selalu berarah menuju pusat lingkaran. Di sisi lain, gaya sentrifugal adalah fenomena yang teramati pada objek yang bergerak dalam lintasan melingkar dan terlihat seolah-olah mendorong objek ke arah luar.

Pada artikel ini, akan membahas beberapa pertanyaan seputar apa itu gaya sentrifugal  dan gaya sentripetal ? bagaimana gaya sentrifudal dan sentripetal bekerja ? contoh gaya sentrifugal ? dan apa saja perbedaan antara gaya sentrifugal dan sentripetal ?.


Gaya Sentripetal

Gaya Sentripetal

Pengertian Gaya Sentripetal

Gaya sentripetal adalah gaya yang bekerja pada objek dalam gerakan melingkar dengan arah ayng menuju sumbu rotasi atau pusat lingkaran. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik suatu objek menuju ke pusat lingkaran saat objek tersebut bergerak dalam lintasan lingkaran. Gaya ini diperlukan mempertahankan objek tetap dalam lintasan melingkar dan mengubah arah gerakannya. Gaya sentripetal selalu berorientasi menuju pusat lingkaran dan sejajar dengan jari-jari lingkaran.

Rumus Menghitung Gaya Sentripetal

Besarnya Gaya Sentripetal merupakan hasil perkalian antara massa dan kecepatan tangensial kuadrat, dibagi dengan jari-jari lingkaran. Secara matematis, rumus atau persamaan gaya sentripetal dinyatakan sebagai berikut :

F =(mv^2)/r

F : Gaya sentripetal (N)
m : massa objek (kg)
v : Kecepatan objek (m/s)
r : adalah jari-jari (m)

Contoh Aplikasi Gaya Sentripetal

Gaya sentripetal cenderung menarik suatu objek menuju pusat lingkaran saat bergerak, sehingga menyebabkan gerakan melingkar atau anular. Berikut ini merupakan bebeberapa contoh aplikasi gaya sentripetal yang dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari :

1. Gaya yang bekerja ketika memutar bola yang terikat pada ujung tali.

2. Planet yang mengorbit pada Matahari, memiliki gaya sentripetal yang dipengaruhi oleh Gravitasi.

3. Gaya pada roller coaster saat melalui lintasan loop (berputar)


Gaya Sentrifugal

Gaya Sentrifugal

Pengertian Gaya Sentrifugal

Gaya sentrifugal adalah gaya semu dalam gerakan melingkar yang bekerja sepanjang jari-jari dan diarahkan menjauhi pusat lingkaran. Gaya sentrifugal adalah gaya yang tampak atau dirasakan seolah-olah mendorong benda menjauhi pusat lingkaran. Namun, sebenarnya gaya ini merupakan hasil dari efek inersia yang timbul akibat gerakan benda dalam lintasan melingkar. Gaya sentrifugal muncul karena benda memiliki kecenderungan untuk terus melaju lurus sepanjang garis tangen pada lintasan lingkaran.

Rumus Menghitung Gaya Sentrifugal

Gaya sentrifugal pada dasarnya menggunakan rumus yang sama dengan perhitungan gaya sentripetal namun dengan perbedaan yaitu membalik arah gaya tersebut yang menyatakan arah gaya yang berlawanan terhadap gaya sentripetal. Berikut rumus persamaan menghitung besarnya gaya sentrifugal :

F =(mv^2)/r

F : Gaya sentripetal (N)
m : massa objek (kg)
v : Kecepatan objek (m/s)
r : adalah jari-jari (m)

Contoh Aplikasi Gaya Sentrifugal

Gaya Sentrifugal bekerja pada objek yang mengalami gerakan dalam lintasan melingkar ketika diamati dari kerangka acuan yang berotasi. Berikut ini merupakan bebeberapa contoh aplikasi gaya sentrifugal yang dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari :

1. Aliran Fluida Pada Pompa Sentrifugal

2. Gerakan Mesin Cuci

3. Kopling Sentrifugal Pada Kendaraan

4. Komedi Putar di Taman Bermain

5. Gaya dorong pada kendaraan yang melakukan tikungan


Perbedaan Antara Gaya Sentrifugal dan Gaya Sentripetal

Berdasarkan pemaparan diatas bahwa Gaya sentripetal adalah gaya yang diperlukan untuk membuat suatu objek bergerak dalam lingkaran yang relatif menuju pusat lingkaran. Sementara itu, gaya sentrifugal adalah gaya inersia yang tampak bekerja objek ketika diamati dalam kerangka acuan objek yang berputar yang relatif menjauhi pusat lingkaran. Berdasarkan penjelasan tersebut terdapat beberapa perbedaan utama antar gaya sentripetal dan gaya sentrifugal menurut beberapa parameter berikut :

1. Arah Gerakan

Gaya sentripetal bergerak menuju pusat lintasan melingkar. Sedangkan Gaya sentrifugal bergerak menjauhi pusat lintasan lingkar.

2. Jenis Gaya

Gaya sentripetal adalah gaya nyata yang timbul akibat interaksi fisik ketika benda berputar. Sedangkan Gaya sentrifugal adalah gaya inersia atau gaya fiktif yang muncul saat objek berputar.

3. Kerangka Acuan Inersial

Gaya sentripetal dapat diamati dari kerangka acuan inersial. Sedangkan Gaya sentrifugal tidak dapat diamati dari kerangka acuan inersial.



Referensi :
https://www.theengineerspost.com/
https://byjus.com/
https://www.livescience.com/
https://www.diffen.com/
https://sciencing.com/
https://pediaa.com/

Post a Comment for "Perbedaan Gaya Sentrifugal dan Gaya Sentripetal Dalam Fisika Mekanika"