Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Perbedaan Ton dan Metric Ton Pada Satuan Berat


Perbedaan Ton dan Metric Ton

 

Ton dan metric ton adalah dua satuan berat yang banyak digunakan dalam berbagai macam hal yang berkaitan dengan perhitungan berat khsusunya untuk pengukuran berat benda yang besar. Meskipun keduanya tampak serupa, tetapi terdapat perbedaan signifikan diantara keduanya. Pada artikel kali ini akan membahas perbedaan antara ton dan metric ton pada satuan berat, serta bagaimana penggunaannya dalam berbagai macam sektor.

Pengertian Satuan Ton

Ton adalah satuan berat yang umumnya banyak digunakan di wilayah Amerika Serikat dan Britania Raya. Nilai untuk Satu Ton setara dengan 2.000 pon atau sekitar 907 kg. Satuan Ton pada awalnya digunakan untuk mengukur kapasitas muatan pada kargo kapal. Namun, seiring dengan semakin berkembangnya perdagangan dan industri, satuan Ton juga banyak digunakan dalam pengukuran berat barang dalam bidang konstruksi dan industri manufaktur secara luas.

Pengetian Satuan Metric Ton

Metric ton atau ton metrik adalah satuan berat yang digunakan dalam sistem metrik atau diakui secara Internasional. Nilai Satu Metric Ton setara dengan 1.000 kg atau 1 tonne. Satuan berat Metric Ton banyak digunakan secara luas di seluruh dunia dalam berbagai macam sektor, terutama dalam sektor perdagangan internasional dan pengiriman barang.

Perbedaan Ton dan Metric Ton

Perbedaan utama antara satuan berat ton dan metric ton adalah pada sistem pengukuran yang digunakan. Untuk satuan Ton menggunakan sistem standar imperial atau standar Inggris (British Standard), sementara untuk satuan metric ton menggunakan sistem satuan standar metrik atau SI (Systeme International). Oleh karena itu, pengukuran berat menggunakan satuan metric ton lebih umum dan banyak digunakan di seluruh dunia sebagai stuan berat, terutama di beberapa negara yang menggunakan sistem metrik pada satuan utamanya.

 

Contoh Aplikasi dan Penggunaan Ton dan Metric Ton

Satua Ton masih banyak digunakan dalam berbagai sektor khususnya di sebagia besar wilayah Amerika Serikat dan Inggris. Satuan Ton digunakan dalam industri konstruksi, manufaktur dan pembuatan produk, contohnya seperti pengukuran berat baja atau beton dalam konstruksi bangunan, atau pengukuran berat mobil dan kendaraan besar lainnya. Namun, penggunaan satuan ton mulai banyak ditinggalkan dan digantikan dengan satuan metrik seperti kilogram dan metric ton karena penggunaannya yang lebi universal.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa terdapat selisih perbedaan berat aktual antara 1 ton (907 kg) dengan 1 Metric Ton (1000 kg). Karena nilai 1 metric ton secara aktual lebih besar daripada 1 ton, maka satuan Metric Ton lebih sesuai dan banyak digunakan dalam pengukuran berat atau tonase barang yang berukuran besar. Misalnya, dalam perdagangan internasional yang membutuhkan pengukuran berat kargo pengiriman, metric ton digunakan untuk mengukur berat kargo pada kapal, benda berukuran besar seperti mesin dan alat berat, dan bahan seperti baja dan batu bara.

Dalam penggunaan sehari-hari, terutama di negara yang menggunakan sistem metrik sebagai satuan utama, Metric Ton lebih sering digunakan daripada satuan ton. Satuan ini relatif lebih universal dan digunakan hampir di seluruh dunia, sehingga pengukuran berat lebih konsisten dalam perdagangan dan pengiriman barang secara nternasional.


Itulah pembahasan singkat tentang perbedaan antar satuan berat Ton dan Metric Ton beserta masing-masing kegunaannya. Semoga dapat menambah wawasan dan referensi bagi para pembaca. Terimakasih sudah membaca.





Referensi :
https://www.quora.com/
https://monmouthrubber.com/
https://vivadifferences.com/
http://www.differencebetween.info/
https://www.differencebetween.com/

Post a Comment for "Perbedaan Ton dan Metric Ton Pada Satuan Berat"