Cara Mengurangi Memory Penyimpanan di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer saat ini dengan berbagai macam fitur dan kegunaannya yang memudahkan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sayangnya seiring lamanya waktu maupun kebutuhan tertentu tentunya jumlah personal chat maupun group chat pada aplikasi WhatsApp akan semakin bertambah dan tentunya memakan cukup banyak ruang di memory internal Smartphone kalian.

Penyebabnya, selain karena banyaknya pesan teks yang disertai dengan kiriman foto, video, file, stiker atau GIF yang akan terunduh secara otomatis. Pesan multimedia tersebut akan memakan banyak memory internal dibandingkan dengan pesan teks biasa. Apabila file-file tersebut tidak dihapus maka lama kelamaan akan membuat memory internal smartphone kalian menjadi penuh dan berdampak pada kinerja smartphone yang menurun akibat berkurangya media pentimpanan.

Lalu bagaimana cara mengetahui besarnya memory internal yang terpakai pada personal chat maupun grup WhatsApp dan cara mengatasinya.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian memory internal pada Aplikasi WhatsApp dengan cara yang cukup mudah dan efektif.


1. Pertama buka menu (Titik 3 pojok kanan atas) > Pilih Setting




2. Pilih "Data and Storage Usage"




3. Kemudian pilih "Storage Usage"



4. Maka akan muncul tampilan berupa daftar personal chat maupun group chat dengan informasi besar pemakaian memori. Daftar chat tersebut berurutan berdasarkan besarnya memory yang digunakan, dari ukuran penggunaan memory terbesar hingga terkecil. Kalian dapat memeriksa pada setiap chat, jenis file yang terdapat pada chat tersebut.




5. kemudian dapat memilih chat tertentu yang dianggap penting maupun yang akan dihapus serta dapat memilih jenis file yang akan dihapus pada chat tersebut, bahkan apabila diinginkan dapat menghapus secara keseluruhan dengan mencentang seluruh riwayat chat.

pilih "Free up space" > Pilih jenis file yang akan dihapus > Pilih "Delete Items"




Itulah langkah langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi memory penyimpanan pada aplikasi WhatsApp. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengurangi Memory Penyimpanan di WhatsApp"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel