Perbedaan Psi, Psia dan Psig Pada Satuan Tekanan

Unit Satuan Ukur Tekanan

Perbedaan Perbedaan Psi, Psia dan Psig Pada Satuan Tekanan
Perbedaan Perbedaan Psi, Psia dan Psig Pada Satuan Tekanan

Beberapa proses maupun alat tertentu memerlukan pengukuran tekanan udara denga menggunakan alat ukur yang akurat. Selain itu alat ukur tersebut memiliki satuan yang dapat dipahami dan dapat dibaca secara universal atau standar tertentu. PSI (Pound per inci persegi) adalah unit satuan ukur tekanan yang banyak digunakan untuk mengukur tekanan pada beberapa instrument pengukuran. Selain PSI terdapat beberapa unit satuan ukur tekanan yaitu Bar, Pascal, Torr, inHg, dan lain sebagainya.


Perbedaan PSI, PSIA dan PSIG

Pada bebrapa alat maupun instrumen tertentu, sealian satuan PSI seringkali kita menemukan satuan PSIA dan PSIG pada alat ukur tekanan, yang mana ketiganya adalah unit pengukuran tekanan. Tapi apakah perbedaan pada ketiga unit satuan tekanan tersebut. Berikut ini merupakan penjelasannya.

PSI (Pounds per square inch)

Pounds per square inch (PSI) adalah unit tekanan umum yang banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi pengukuran tekanan. 

Dalam pengukuran tekanan skala laboratorium dan penelitian, satuan tekanan diukur dalam satuan pascal. Dimana nilai 1 PSI = 6.894,76 pascals. Instrumen pengukur tekanan dan sensor pada industri menggunakan satuan pengukuran PSI. Satuan PSI umumnya digunakan untuk kebutuhan industri dan beberapa pengukuran tekanan lain seperti pengukur tekanan fluida pada pipa, tekanan ban dan distribusi bahan bakar. Terdapat dua variasi dari satuan PSI yaitu PSIA dan PSIG.

PSIA (Absolute Pressure)

Pounds per square inch absolute atau PSIA mengacu pada tekanan yang diukur dalam ruang hampa sempurna (absolute). Tekanan absolut seringkali disebut sebagai tekanan total. Jika alat ukur tekanan dengan satuan PSIA berada di dalam ruang hampa, maka akan terbaca 0 PSIA.

PSIG (Gauge Pressure)

Pounds per square inch gauge atau PSIG adalah unit satuan ukur tekanan PSI yang relatif dengan tekanan atmosfer diatas permukaan laut sebesar 14,7 PSIA. Dimana pada pengukuran 0 PSIG maka akan bernilai sekitar 14,7 PSIA.


Hubungan Antara PSIA dan PSIG

Perlu diingat bahwa takanan pengukuran tekanan PSIG akan selalu lebih rendah daripada pengukuran tekanan PSIA. Hubungan keduanya digambarkan pada persamaan berikut :

PSIG + 1 atm = PSIA

PSIA - 1 atm = PSIG

atm = tekanan atmosfer


Untuk mengkonversi PSIA atau PSIG, dapat menggunakan nilai tekanan atmosfer aktual posisi kita atau dapat juga menggunakan 14,7 psi (Nilai tekanan atmosfer pada permukaan laut) sebagai nilai standar untuk mengkonversi PSIG ke PSIA dan sebaliknya. Jika pegukuran tekanan dilakukan pada dataran tinggi atau lembah yang dalam, nilai permukaan laut akan berfungsi.

Sebagai contoh, tekanan absolut pada permukaan laut adalah 14,70 PSIA dan tekanan absolut pada ketinggian 1.000 kaki adalah 14,18 PSIA. Pada ketinggian yang lebih tinggi tekanan yang terjadi akan semakin rendah, jadi apabila alat ukur tekanan absolut dibaca pada ketinggian 1000 kaki, pembacaannya 14,70 - 14,18 = 0,52.


Referensi :
[1] https://www.setra.com/
[2] https://blog.wika.us/

0 Response to "Perbedaan Psi, Psia dan Psig Pada Satuan Tekanan"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel