Perbedaan Akurasi dan Presisi Dalam Pengukuran

Ketika membahas tentang pengukuran suatu benda atau objek tertentu, seringkali kita sangat familiar dengan istilah akurasi dan presisi pada pengukuran. Kedua istilah ini cukup sering digunakan bidang pengukuran dan digunakan secara bergantian, tetapi keduanya tidaklah sama.

Pengertian Akurasi dan Presisi

Apa itu Akurasi ?

Akurasi adalah tingkat ketepatan atau seberapa dekat suatu pengukuran dengan nilai sebenarnya.


Apa itu Presisi ?

Presisi adalah seberapa konsisten hasil pengukuran saat dilakukan pengulangan. Nilai presisi dapat berbeda satu sama lain karena kesalahan acak, yang merupakan salah satu bentuk kesalahan dalam pengamatan.


Perbedaan dan Hubungan Akurasi dan Presisi

Secara sederhana, presisi adalah istilah yang digunakan untuk merepresentasikan seberapa andal dan konsisten pengukuran eksperimen jika dilakukan secara berulang sedangkan akurasi adalah isitilah yang merepresentasikan kedekatan hasil pengukuran eksperimen dengan nilai ideal atau nilai sebenarnya.

Akurasi dan presisi dapat saling berhubungan satu sama lain dalam suatu pengukuran atau percobaan, misalkan seorang pemanah yang menembakan anak panah pada sasaran didepannya dalam beberapa kali percobaan. Pada kasus tersebut dapat terjadi 4 kemungkinan yaitu.

Perbedaan Akurasi dan Presisi
Perbedaan Akurasi dan Presisi

1. Hasil Percobaan akurat dan presisi jika seluruh anak panah tepat berada di titik tengah             target.

2. Hasil Percobaan presisi dan tidak akurat jika seluruh anak panah berada pada sisi terluar         target.

3. Hasil percobaan akurat dan tidak presisi jika terdapat sebagaian anak panah berada di titik     tengah target dan sebagian lainnya berada di luar titi tengah tersebut.

4. Hasil percobaan tidak akurat dan tidak presisi jika seluruh percobaan berada pada posisi         yang berjauhan satu sama lain.

Mengukur Akurasi dapat ditentukan dengan satu kali pengukuran atau percobaan, sedangkan untuk menentukan akurasi diperlukan banyak pengukuran untuk menilai kepresisian. Misalnya, pada contoh kasusu pada gambar di atas, hanya dengan satu anak panah yang ditembakkan, kita dapat mengtahui apakah tembakannya akurat atau tidak, tetapi sejumlah tembakan anak panah harus dilakukan untuk mengetahui apakah hasilnya presisi. Anak panah yang mengenai tepat ditengah sasaran dianggap lebih akurat. Jika beberapa anak panah ditembakan pada sasaran, presisi akan menjadi ukuran dalam menentukan ketepatan dalam percobaan. 

Sederhananya, akurasi sangat dibutuhkan dalam pengukuran awal yang mendekati target atau hasil yang diharapkan dan kemudian untuk sejumlah percobaan difokuskan pada tingkat kepresisian alat dalam melakukan pengukuran sesudahnya.




Referensi :

https://blog.minitab.com/

https://www.thoughtco.com/

https://www.precisa.co.uk/

https://byjus.com/chemistry/

https://www.forecast.app/

0 Response to "Perbedaan Akurasi dan Presisi Dalam Pengukuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel