Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Sifat Higroskopis Pada Material dan Zat

Apa itu higroskopis ?

Sifat higroskopi atau higroskopisitas adalah kecenderungan suatu material atau benda padat untuk menyerap dan menampung molekul air dari lingkungan sekitar. 

Material dengan sifat higroskopis memiliki kemampuan untuk menyerap (adsorb) dan proses pengikatan molekul air di dalam material (absorb). Pada proses adsorpsi molekul air akan diserap uleh permukaan dari material. Sedangkan ketika proses absorpsi molekul air akan diserap dan ditampung pada material. Proses absorpsi seringkali menyebabkan perubahan fisik seperti peningkatan volume, temperatur, titik didih dan viskositas.


Contoh Material Higroskopis

Material Higroskopis
Material Higroskopis

Berikut ini merupakan beberapa material yang memiliki sifat higroskopis yaitu :

1. Zink Chloride
2. Sodium Hydroxide
3. Sodium Chloride
4. Sulfuric Acid
5. Silica Gel
6. Baking soda
7. Nylon
8. Ethanol
9. Methanol
10. Kertas
11. Kapas
12. Wool
13. Glycerol
14. DLL


Kegunaan dan Manfaat Material Higroskopis

Sifat higroskopis umumnya dimanfaatkan untuk menurunkan kandungan molekul air sehingga menjaga udara tetap kering dengan kelembaban yang rendah. Umumnya material dengan sifat higroskopis seperti silica gel digunakan pada beberapa benda dan disatukan di dalam kotak penyimpanan untuk mengurangi kelembaban sehingga produk tetap terjaga dengan baik. Selain itu material higroskopis juga dimanfaatkan sebagai alternatif dehumidifier yang berfungsi untuk menurunkan kelembaban udara pada ruangan, contohnya penggunaan kalsium klorida dan baking soda sebagai dehumidifier.




Referensi :
https://www.thermopedia.com/
https://www.thoughtco.com/
https://www.corrosionpedia.com/
https://sciencenotes.org/
https://www.sciencedaily.com/

Post a Comment for "Mengenal Sifat Higroskopis Pada Material dan Zat"