Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded

Pipa adalah salah satu komponen penting yang berfungsi dalam mengalirkan fluida berupa cairan atau gas. Pipa digunakan dalam berbagai macam aplikasi seperti sistem pipa air, sistem perpipaan industri, distribusi minyak dan gas, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Pipa dapat terbuat dari bebeberapa jenis bahan seperti baja, tembaga, PVC, dan beberapa jenis bahan lain tergantung pada aplikasi dan kegunaannya. Untuk aplikasi yang membuthkna ketahanan terhadap tekanan tinggi umumnya pipa terbuat dari bahan baja atau paduan khsusus.

Khususnya pada pipa baja sering kita temukan istilah pipa seamless dan pipa welded yang tercantum pada spesifikasi atau kebutuhan teknis suatu aplikasi tertentu. Jadi, apa yang dimaksud pipa seamless dan pipa welded ? Apa perbedaan pipa seamless dan pipa welded ? Berikut penjelasan tentang pipa seamless dan pipa welded beserta perbedaan antara keduanya.


Apa itu Pipa Seamless ?

Seamless Pipe

Pipa seamless adalah pipa yang terbuat dari bahan logam tunggal yang tidak memiliki sambungan pada permukaan pipa. Karakteristik pipa seamless sesuai dengan namanya yaitu tidak memiliki sambungan atau lasan pada pipa. Proses pembuatan pipa seamless menggunakan bahan logam bulat dan padat yang dikenal dengan billet. Billet tersebut selanjutnya dilakukan proses pemanasan terlebih dahulu, kemudian ditarik melalui sebuah frame atau cetakan sampai pipa tersebut menghasilkan rongga atau lubang yang sempurna.

Pipa seamless memiliki finishing yang sempurna dan bebas dari cacat. Keunggulan utama pipa seamless terletak pada kekuatan dan ketahanannya yang baik karena tidak adanya sambungan yang merupakan salah satu area paling rentan pada pipa. Oleh karena itu pipa seamless memiliki struktur pipa yang seragam dan distribusi kekuatan yang merata sehingga sagat ideal digunakan pada aplikasi fluida bertekanan tinggi pada industri petrokimia, perminyakan dan gas.

Salah satu kekurangan utama pipa seamless yaitu ukuran panjang dan diameter pipa yang terbatas karena batasan pada proses manufaktur pipa, sehingga sangat sulit ditemukan pipa seamless dengan ukuran pipa yang sangat besar di pasaran.

Kelebihan Pipa Seamless :

- Tidak memiliki sambungan / lasan

- Memiliki kapasitas tekanan kerja yang lebih tinggi

- Relatif lebih tahan korosi

- Kebulatan yang lebih baik

- Relatif lebih tahan lama

- Tidak menggunakan logam penyambung

- Tidak memerlukan pengujian integritas lasan pada pipa

Kekurangan Pipa Seamless :

- Ukuran yang Lebih pendek karena keterbatasan dalam proses manufaktur

- Ukuran Diameter terbatas dengan ukuran nominal 24 inci atau kurang

- Harga yang lebih mahal


Apa itu Pipa Welded ?

Welded Pipe

Pipa welded adalah pipa yang terbuat dari bahan dasar berupa plat logam datar atau strip. Material plat tersebut ditekuk (bending) menjadi bentuk silinder kemudian disambungkan pada tepi-tepinya secara bersamaan. Pipa welded dapat diproduksi dalam ukuran panjang dan diameter yang besar tanpa batasan ukuran.

Pipa welded umumnya digunakan dalam banyak aplikasi pada konstruksi, manufaktur dan juga banyak digunakan dalam penggunaan umum karena relatif lebih mudah didapatkan di pasaran dan dengan harga yang lebih terjangkau. Karena terdiri beberapa sambungan, pipa welded dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk dan ukuran yang sangat besar untuk berbagai macam keperluan konstruksi dan manufaktur.

Bagian terlemah dari pipa welded yaitu pada sambungan lasan. Kualitas sambungan lasan menentukan kualitas dari pipa welded tersebut. Kekurangan utama pada pipa welded yaitu pada sambungan yang membuatnya lebih rentan terhadap tekanan tinggi. Selain itu adanya kotoran atau cacat pada sekitar sambungan dapat menyebabkan kerentanan terhadap korosi.

Kelebihan Pipa Welded :

- Tersedia dalam panjang dan ukuran diameter yang lebih besar

- Lebih terjangkau secara biaya

- Relatif lebih Mudah dididapatkan di pasaran

- Kekurangan Pipa Welded :

- Sambungan las yang rentan terhadap korosi

- Tidak dapat digunakan pada aplikasi fluida bertekanan tinggi

- Harus diuji sebelum digunakan

- Tingkat Ovalitas yang kurang sempurna


Perbedaan Pipa Seamless dan Pipa Welded

Pipa seamless dan pipa welded memiliki proses manufaktur yang berbeda dan kedua jenis pipa tersebut memiliki sifat yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa parameter yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui perbedaan anatara pipa Seamless dan Pipa Welded.

1. Metode Produksi

Pipa seamless dibuat dengan proses ekstrusi dan penarikan logam dari sebuah logam billet, sedangkan pada pipa welded dibuat dengan menggunakan pelat strip yang ditekuk (bending) kemudian disambungkan pada kedua ujungnya untuk membentuk pipa.

2. Sambungan

Pipa seamless tidak memiliki sambungan las karena terbuat dari satu potongan logam kontinyu yang diekstrusi, sedangkan pada pipa welded memiliki sambungan las pada sepanjang badan pipa.

3. Kekuatan

Pipa seamless pada umumnya memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada pipa welded karena tidak memiliki sambungan las yang merupakan salah satu titik lemah pada pipa.

4. Biaya

Pipa welded relatif lebih murah daripada pipa seamless karena proses manufaktur yang lebih sederhana.

5. Dimensi

Pipa seamless ukuran diameter dan panjang yang terbatas karena keterbatasan dalam proses manufaktur, sedangkan pada pipa welded pipa dapa dibuat dalam berbagai ukuran diameter dan panjang yang lebih fleksibel.

6. Aplikasi

Pipa seamless umumnya digunakan dalam aplikasi fluida bertekanan tinggi yang membutuhkan kekuatan yang tinggi pada pipa. Sedangkan pada Pipa welded lebih umum digunakan dalam industri konstruksi, manufaktur dan aplikasi umum lainnya.


Bagaimana Cara Memilih Pipa Seamless dan Welded ?

Dalam mempertimbangkan jenis pipa mana yang akan digunakan setiap pipa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung pada aplikasi dan penggunaan pipa tersebut. Pada pipa seamless memiliki kemampuan pada kapasitas tekanan yang lebih tinggi sehingga lebih diperuntukan untuk pipa yang bekerja pada aplikasi fluida bertekanan tinggi.

Sedangkan jika diperlukan biaya yang relatif lebih rendah tanpa mempertimbangkan aspek tekanan kerja internal pipa dan kebutuhan pada ukuran pipa yang lebih besar, maka jenis pipa welded mungkin lebih dipertimbangkan untuk dipilih misalnya pada beberapa pekerjaan konstruksi seperti struktur baja (steel structur) dan struktur pada Jembatan.


Referensi : 
https://www.obcorp.com/
https://www.pipesandfittings.com/
https://www.escglobalgroup.com/
https://whatispiping.com/
https://waterwelders.com/

Post a Comment for "Perbedaan Pipa Seamless dan Welded"